PILIHAN REDAKSI

Polres Dharmasraya Tetapkan 8 orang Sebagai Tersangka Pengrusakan Kantor dan Perumahan PT.TKA

  INFONUSANTARA.NET ,Dharmasraya -- Polres Dharmasraya menetapkan status tersangka terhadap 8 orang terkait pengrusakan perumahan PT. TKA.  ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Atasi Kekurangan Air Bersih, Masyarakat Jorong Tanjung Haro Selatan Goro Bersama



INFO|Limapuluh Kota - Meski pun program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) telah mampu mengurangi persoalan kebutuhan air bersih bagi masyarakat Jorong Tanjung Haro Selatan, Nagari Sikabu-kabu Tanjungharo Padangpanjang, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota. 


Namun program Pansimas yang telah berjalan selama satu tahun lebih itu, belum mampu memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat yang ada di daerah itu. 


Untuk mengatasi kebutuhan air bersih yang baru terlayani oleh program Pansimas sekitar 80 persen dari jumlah KK itu, Minggu pagi (7/5/2023) puluhan masyarakat mulai berumur 18 tahun sampai 60 tahun diwajibkan turun melakukan gotong royong (goro di kaki bukit Balimbiang untuk mencari sumber air guna menambah ketersedian air untuk kebutuhan program Pansimas tersebut.


Goro yang langsung dipimpin Kepala Jorong Tanjungharo Selatan, Fauzan Hasmi dan didukung para ninik mamak, tokoh masyarakat dan ketua pemuda itu, selain berusaha mencari sumber air untuk memenuhi kebutuhan air bersih sekaligus goro membersihkan kolam-kolam dan bak penampung persedian air yang di lokasi tersebut.  


Fauzan Hasmi mengungkapkan, goro yang digelar masyarakat Jorong Tanjung Haro Selatan ini menindaklanjuti hasil musyawarah masyarakat yang digelar sebelumnya menuntut pihak pengelola Pansimas untuk menambah ketersediaan air bersih yang tidak mencukupi memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di daerah tersebut.


Ketersedian air baku pada sumber air tidak mencukupi, maka dari hasil musyawarah tersebut disepakati untuk melakukan gotong royong mencari sumber air untuk dialirkan ke waduk penampung untuk seterusnya dialirkan ke bak induk. 


"Alhamdulillah, bantuan pemerintah untuk program Pamsimas ini menjadi solusi bagi masyarakat Jorong Tanjung Haro Selatan, Nagari Sikabu-kabu Tanjungharo Padangpanjang ini untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih,” ujarnya.

 

Dijelaskannya Fauzan Hasmi, sebelum adanya program Pamsimas masyarakat untuk mendapatkan air bersih ada yang melalui sumur gali dan sumur bor pribadi.


Penulis : Ady Parker

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »