PILIHAN REDAKSI

Lantik 598 PPPK Formasi 2023, PJ Bupati Mentawai : Maksimalkan Pelayanan Kepada Masyarakat

INFO|MENTAWAI - Sebanyak 598 Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) jabatan fungsional guru dan kesehatan formasi 2023 resmi di ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Setoran Capai Rp4 M,Puluhan Pegawai Rutan KPK Diduga Terlibat Pungli!

 

ilustrasi pungli.




INFONUSANTARA.NET, Jakarta - Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan puluhan petugas Rumah Tahanan (Rutan) KPK diduga terlibat pungutan liar (pungli) dari para tahanan kasus korupsi.

"Diduga yang terlibat bahkan puluhan pegawai Rutan KPK," ujar anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris melalui pesan tertulis, Selasa (20/6).


Haris enggan berbicara banyak termasuk ketika dikonfirmasi perihal motif pungli yang disinyalir dilakukan petugas Rutan KPK. Dewas KPK, terang dia, telah melaporkan temuan tersebut kepada pimpinan KPK.


"Tunggu saja hasil penyelidikan KPK karena Dewas sudah menyerahkan dugaan tindak pidana yang dilakukan para staf pengelola Rutan KPK tersebut kepada pimpinan KPK," imbuhnya.


KPK membenarkan telah membuka penyelidikan terkait dugaan pungli tersebut. Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu menegaskan KPK tidak pandang bulu dalam melakukan proses penegakan hukum ini.


"Temuan tindak pidana korupsi berupa pungutan liar yang dilakukan oleh oknum ya, oleh oknum di Rutan KPK sedang ditangani dan saat ini pada proses penyelidikan," kata Asep.


Berdasarkan temuan Dewas KPK, setidaknya terdapat setoran Rp4 miliar yang terjadi dalam kurun waktu Desember 2021-Maret 2022 dari para tahanan kasus korupsi kepada petugas Rutan KPK.

(ryn/ugo)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »