PILIHAN REDAKSI

Yendri Bodra Dt. Parmato Alam Ambil Formulir Pendaftaran Bacawako Payakumbuh Lewat PKB

INFO|Payakumbuh - Yendri Bodra Dt. Parmato Alam mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota ke DPC Parta...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Atasi Persoalan Sampah Warga, Muhidi Realisasikan Enam Unit Betor di Sawahan Timur



INFONUSANTARA.NET -  Wakil rakyat di DPRD Kota Padang Drs.H.Muhidi,M.M besar harapannya supaya lingkungan di Kelurahan Sawahan Timur dapat teratasi dari persoalan sampah dan juga berharap menjadi salah satu kelurahan pelopor kebersihan.


Untuk atasi persoalan sampah di lingkungan warga ini, Muhidi serahkan (realisasikan) sebanyak enam (6) unit becak motor untuk enam RW di Kecamatan Padang Timur, Selasa (15/3) bertempat di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Padang.


Enam RW penerima becak motor tersebut yakni lima (5) RW di Kelurahan Sawahan Timur dan satu (1) RW di Kelurahan Jati.



Menurut Muhidi, bantuan becak motor ini diberikan atas permintaan dan kebutuhan warga di enam RW tersebut yang disampaikan pada saat Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) di tingkat kelurahan tahun 2021 lalu.


"Semua RW tersebut persoalannya sama adalah pengelolaan sampah. Selama ini tidak punya sarana pengangkut sampah, sehingga masyarakat meletakkan sampah di depan rumah," ujarnya.


Atas permintaan itu, kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, maka dia menganggarkan becak motor melalui pokir dewan untuk seluruh RW di Kelurahan Sawahan Timur. "Khusus untuk Jati, memang hanya satu saja di RW 02, karena RW yang lain sudah diberikan tahun lalu," ulasnya.


''Sebelumnya juga sudah ada diberikan pemberdayaan ekonomi masyarakat diberikan per RT, ada bantuan UKM dan pendidikan. Menurutnya apa yang diberikan tersebut adalah sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan skala prioritas. Sehingga apa yang diberikan bermanfaat,"ucap Muhidi.


Muhidi berharap setelah penyerahan betor ini agar pihak Kelurahan, RW, RT agar bisa merapatkannya (musyawarah kan) bagaimana penggunaan betor ini kedepannya sehingga bisa terpelihara dengan baik. "Jangan sampai satu bulan dua bulan sudah rusak. Terus penggunaannya bagaimana, tentu perlu perawatan berkala," imbuhnya.


Lebih lanjut disampaikan, dengan adanya bantuan betor ini supaya bisa memecahkan persoalan yang ada selama ini. Karena di Sawahan Timur ini hanya ada satu TPS, sehingga masyarakat kesulitan membuang sampah. Akibatnya mereka (warga) menumpuk di depan rumah atau sesukanya saja. "Tapi dengan adanya betor ini tentu bisa dijemput ke rumah-rumah dan diantarkan ke TPS. Mudah-mudahan Sawahan Timur bisa menjadi kelurahan pelopor kebersihan," ungkap Muhidi.


Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Mairizon menyatakan becak motor yang diserahkan merupakan bantuan untuk kelurahan melalui RW yang dananya berasal dari pokok - pokok pikiran anggota DPRD Padang. "Ada 50 unit Betor yang akan diserahkan, dan khusus Pak Muhidi sebanyak enam unit," katanya.


"Dengan adanya betor ini sampah-sampah dari rumah tangga bisa dikelola dengan baik, sehingga tidak ada lagi sampah yang berserakan dan bertumpuk di sembarang tempat, di bantaran sungai ataupun di pinggir jalan.Karena fungsi dari betor ini adalah untuk mengangkut sampah dari rumah tangga ke TPS yang ada," pungkasnya.


Sementara itu, Ketua RW 01 Kelurahan Sawahan Timur H. Erman mengaku berterimakasih kepada anggota DPRD Padang Muhidi yang telah mengalokasi pokirnya untuk pengadaan becak motor ini. Kita atas nama warga RW ungkapnya, sangat berterimakasih kepada Pak Muhidi atas bantuan betor ini semoga Kelurahan Sawahan Timur khususnya di RW 01 yang berada di seputaran RSUP M Djamil bisa selalu terjaga kebersihannya. (bim).

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »