PILIHAN REDAKSI

Tekan Inflasi, PJ Bupati Mentawai Bersama Forkopimda Galakkan Penanaman Cabe

INFO|MENTAWAI - Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian galakkan gerakan penanaman cabe sere...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Menuju Era Society 5.0, PC NU Padang Pariaman Gelar Forum Masyayikh dan Temu Petani



INFO|Padang PariamanMenjelang masuki bulan suci ramadhan, Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Padang Pariaman, mengadakan forum masyayikh dan Temu Petani Nahdlatul Ulama bertempat di Pondok Pesantren Masdrasatul Ulum, Lubuak Pua VII Koto Sungai Sariak, Padang Pariaman. Selasa,(15/3).


Kegiatan ini mengusung tema” Prospek Petani Digital” ini bertujuan untuk menindaklanjuti program PB NU, guna meningkatkan kualitas petani Nahdlatul Ulama Padang Pariaman dan Silahturahmi Warga Nahdlatul Ulama Padang Pariaman.

PC NU Padang Pariaman Dr. H. Zainal Tuanku Mudo, M.Ag menuturkan, kegiatan yang di lakukan ini lantaran banyaknya petani Nahdlatul Ulama sebagai kaki tangan masyarakat yang bisa unutk mewadahi dan membekali masyarakat agar menjadi petani sejahtera.

“Sekarang ini kita fokus pada petani jagung, pinang wangi, durian karena cukup sangat memuaskan dengan harga terjangkau” ucap Zainal kepada media, Rabu (16/3/2022).

Selain itu mengikuti perkembangan menuju Era Society 5.0 dan sebagai peluang bagi masyarakat khususnya NU yang berprofesi petani, karena bahwasannya di zaman Millenial ini petani di tuntut bisa menghadapi Era industri 4.0 Menuju Era 5.0 lantaran saat ini banyak memakai teknologi canggih, ujarnya.

“Adanya perkumpulan petani NU bisa meningkatkan kualitas petani masyarakat, serta bisa membuka peluang lapangan pekerjaan untuk masyarakat nantinya” tuturnya lagi saat menyampaikan materi di forum mengenai Petani NU, pasca Harlah NU di Palembang.

Pada kesempatan itu PW NU Sumbar Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D. saat menghadiri kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PC NU Padang Pariaman yang telah menindaklanjuti program PB NU dalam kegiatan temu tani Nahliyin.

“Ini langkah terbaik agar tereksekusi kegiatan kelompok tani NU. Karena kemarin kami telah membentuk koperasi PC NU Padang Pariaman, sejak Februari maka dari itu butuh juga suport dan Do’a kepada para ulama PC NU padang Pariaman” tutur Ganefri.

Dikatakan, saat ini juga kita fokus mendata petani NU sekalian melihat lahan masyarakat yang bisa di olah untuk bertani.

“Jika sudah mencapai target 25.000 Ha di kabupaten padang pariaman langsung mentri pertanian memberikan bantuan kepada petani NU” sambung Dr. Roni Fashlah, MA. Selaku Ketua Panitia menambahkan.

Dikesempatan itu juga Dinas Pertanian Kabupaten Padang Pariaman sangat mendukung kegiatan yang di lakukan PC NU Padang Pariaman dan pihaknya siap memfasilitasi peralatan, Pupuk, Bibit untuk petani NU

Dalam kegiatan itu di hadiri Wakil Bendahara PBNU, Pimpinan pondok pesantren padang Pariaman, petani NU, Camat Nagari dan ulama NU setempat dan Mahasiswa STIT Syekh Burhanuddin Pariaman, (Rahmat).


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »