PILIHAN REDAKSI

Keakraban Babinramil 01 Sikabaluan Saat Komsos Bersama Buruh di Pesisir Pantai

INFO|MENTAWAI - Pendekatan secara langsung kepada masyarakat setidaknya terbangun kebersamaan, silahturahmi dan kekeluargaan dalam melaksan...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Antisipasi Cuaca Ekstrim, Babinsa Sikabaluan Ingatkan Nelayan Untuk Tidak Melaut



INFO|MENTAWAIMengingat kondisi cuaca akhir-akhir ini kurang bersahabat, Babinsa Koramil 01/Sikabaluan datangi para nelayan Muara Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara untuk melakukan Komunikasi Sosial (Komsos).


Komsos yang di lakukan Babinsa ini dengan nelayan yang baru pulang mencari ikan di laut guna memberikan imbauan dan pemahaman terkait peringatan dini cuaca.

Imbauan yang di sampaikan Babinsa itu, bahwa cuaca saat ini sangat ekstrim dan para nelayan musti harus waspada dalam melaksanakan aktivitas untuk menangkap ikan di laut.

Sebelum beraktivitas pastikan kondisi cuaca dan perahu yang akan di bawa untuk melaut, sehingga tidak terjadi insiden saat melaut. Apabila terjadi insiden di laut untuk pertolongan pertama gunakan fasilitas yang ada di perahu seperti jerigen dan lainnya.

“Kita berharap kepada nelayan harus waspada dengan kondisi cuaca ekstrim dan juga tidak di inginkan adanya insiden kecelakaan perahu saat para nelayan melakukan aktivitas melaut” ucap Danramil 01/Sikabaluan, Kapten. Inf.Putra Irawan Damanik melalui babinsa, Jumat (4/3/2022).

Lanjut, di katakan, agar aman dalam melaksanakan aktivitas di laut, para nelayan harus mempersiapkan alat kelengkapan di perahu serta fasilitas, sehingga ketika terjadi insiden bisa di gunakan fasilitas yang sudah di siapkan sebagai pertolongan pertama.

Selain itu, dia juga mengingatkan kepada nelayan ketika cuaca kondisi buruk hendaknya para nelayan harus mengurungkan niat dulu untuk pergi melaut, ingin pun pergi melaut jangan terlalu jauh.

“Antisipasi yang di sampaikan ini untuk keselamatan bagi para nelayan agar tidak terjadi musibah saat pergi melaut” ucapnya.

Selain memberikan imbauan terkait kondisi cuaca, Babinsa juga mengingatkan masyarakat nelayan pentingnya menggunakan masker di tempat keramaian seperti di warung dan tempat keramaian lainnya.

“Wabah virus covid -19 ini semakin hari semakin meluas, dikarenakan itu kita harus menjaga kesehatan  dan memakai  masker di tempat  keramaian agar bisa memutus mata rantai penyebaran virus covid -19 di daerah kepulauan  mentawai  khususnya  siberut utara” tuturnya.

Diakhir kegiatan komsos, masyarakat nelayan mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang telah peduli kepada warga binaannya untuk keselamatan para nelayan saat beraktivitas di laut serta imbauan prokes.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »