PILIHAN REDAKSI

Pilkada Payakumbuh, Supardi Serahkan Berkas Balon Walikota ke Tiga Parpol

INFO|Payakumbuh - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi memperlihatkan keseriusannya untuk maju di pemilihan walikota - wakil walikota...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

UDD PMI Kota Padang Ditetapkan Akan Menjadi Tempat Uji Kompetisi Sertifikasi Profesi Regional Sumatra

UDD PMI Kota Padang Ditetapkan Akan Menjadi Tempat Uji Kompetisi Sertifikasi Profesi Regional Sumatra.(Inf)

INFONUSANTARA.NET - Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat menetapkan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Padang sebagai salah satu calon untuk Tempat Uji Kompetensi (TUK) pelayanan darah di regional Sumatra.

Diketahui bahwa Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang sudah mempunyai sertifikat pengolahan obat yang baik dan benar (SPOB) dari BPOM dan juga ISO terbaru 2018, dimana prosedur SOP semua peralatan itu sudah teruji.

Sesuai Undang-undang No 1 Tahun 2018 tentang kepalangmerahan salah satunya mengamanatkan bahwa harus mempunyai sumberdaya yang unggul dan mempunyai kompetensi. Dan dalam melaksanakan amanah UU tersebut,PMI pusat sudah mendapatkan lisensi untuk membuat Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yaitu badan nasional sertifikasi profesi.

Kepala Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Sumbar, Hidayatul Irwan sekaligus Ketua Tempat Uji Kompentensi (TUK) Sumbar dan juga pengarah TUK di Unit Donor Darah ( UDD) PMI Kota Padang pada Sabtu (19/6/2021) kepada media infonusantara.net  menyampaikan, dalam rencana kerja tersebut, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) mendapatkan kesempatan, amanah dan penilaian dari PMI pusat, bahwa PMI Sumatra Barat akan menjadi salah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) cabang. 

Untuk Indonesia ada 2 daerah yang akan dijadikan LSP cabang, yaitu PMI Sumbar dan PMI Sulawesi Selatan yakni Makasar dan  LSP PMI pusat itu ada di Jawa Tengah.

Untuk Indonesia ada 2 daerah yang akan dijadikan LSP cabang, yaitu PMI Provinsi Sumbar dan PMI Sulawesi Selatan yakni Makasar dan LSP PMI pusat itu ada di Jawa Tengah.

Dijelaskan, ada uji sertifikasi tetang Penanggulangan Bencana, Pelayanan Kesehatan, Pelayanan Darah, Pendidikan dan lain sebagainya. Khusus untuk Pelayanan Darah, PMI pusat menetapkan UDD PMI Kota Padang yang sudah mempunyai Sertifikat Pengolahan Obat yang Baik dan benar (SPOB) dari BPOM dan juga ISO terbaru 2018, dimana prosedur SOP  semua peralatan itu sudah teruji, sebagai salah satu calon Tempat Uji Kompetisi (TUK) pelayanan darah di regional Sumatra.


"Alhamdulillah, tim verifikasi dari LSP PMI pusat telah datang ke UDD PMI Kota Padang. Dan melihat proses persiapan dan apa - apa yang dipersyaratkan, Insha Allah dalam waktu dekat ini akan keluar SK LSP PMI Pelayanan Darah di UDD PMI Kota Padang sebagai TUK,  " sebut Hidayatul Irwan usai mendampingi tim verifikasi LSP PMI Pusat di UDD PMI Kota Padang.

Lebih lanjut disampaikan, khusus dari Sumbar, kami mengucapkan terima kasih atas komitmen dan kesungguhan dari ketua dan seluruh pengurus serta jajaran UDD PMI Kota Padang. Melalui Ketua PMI Kota Padang nanti akan menyusun apa apa progam untuk sertifikasi profesi ini.

"Semoga dengan adanya uji kompetensi ini menjadikan sebuah keyakinan, keamanan,  kenyamanan bagi karyawan dan masyarakat pada umumnya," pungkas Hidayatul Irwan.

Ketua PMI Kota Padang, Zulhardi Z.Latif menyampaikan ucapan terima kasih kepada PMI Pusat dan PMI Provinsi Sumbar yang telah menunjuk UDD PMI Kota Padang sebagai Tempat Uji Kompentensi (TUK) sertifikasi profesi untuk wilayah regional Sumatra.

Harapan kita nantinya, karena ini adalah baru di PMI Kota Padang, tentunya harus ada mendapatkan pembinaan- pembinaan dari PMI Provinsi Sumbar dan khususnya dari LSP PMI Pusat.

Ini adalah suatu peluang yang kita tangkap, dimana bagi PMI Kota Padang kedepannya dapat melaksanakan sertifikasi profesi yang ada dilingkungan Unit Donor Darah (UDD) baik itu Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat dan Sumatra umumnya. 

"Kepada UDD -UDD di regional Sumatra, Zulhardi Z. Latif yang juga anggota DPRD Kota Padang ini memberitahukan bahwa untuk yang berminat nantinya mengurus sertifikasi profesi itu tempatnya ada di PMI Kota Padang," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komite Skema LSP PMI, Arfin Muhammad Hadi mengatakan, kami LSP PMI Pusat ini menjadi lembaga sekaligus kepercayaan untuk memastikan SDM PMI kompeten di bidangnya masing-masing.

Dikatakan, UDD PMI Kota Padang ini nanti akan menjadi Tempat Uji Kompentensi (TUK) untuk Pelayanan Darah untuk regional Sumatra. Karena UDD PMI Kota Padang ini sudah memenuhi semja persyaratan yang diperlukan.

Arifin Muh. Hadi menambahkan, karena kita juga baru di PMI dan setelah kita dapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Insha Allah pada Juli ini kita mendapatkan lisensi dan semua TUK yang ada dibawah jejaringan kami akan memulai rencana kerja dan melaksanakan uji kompetensi,"ungkapnya.(Inf)


 

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »