PILIHAN REDAKSI

17 Calon Panwaslu Kecamatan di Mentawai Ikuti Tes Wawancara

INFO|MENTAWAI - Sebanyak 17 orang anggota calon Pengawas pemilu Kecamatan ikuti tes wawancara untuk pemilihan umum kepala daerah 2024, sete...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Pilkada Payakumbuh, Supardi Serahkan Berkas Balon Walikota ke Tiga Parpol




INFO|Payakumbuh - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi memperlihatkan keseriusannya untuk maju di pemilihan walikota - wakil walikota Payakumbuh di pilkada serentak 2024 ini.


Hal ini dibuktikan dengan pendaftarannya ke DPD PAN Kota Payakumbuh sebagai bacalon walikota di pilkada November mendatang, Minggu (5/5/24) pagi. Saat itu, Supardi serahkan berkas persyaratan administrasi bakal calon kepala daerah. 


Kedatangan Supardi yang juga merupakan mantan anggota DPRD Kota Payakumbuh selama 3 periode itu ke DPD PAN didampingi sejumlah anggota DPRD Kota Payakumbuh dari Partai Gerindra, diantaranya Wulan Denura, Manggul, Afrizal serta anggota DPRD terpilih hasil Pemilu legislatif 14 Februari lalu.


Tidak itu saja, pengembalian formulir ke DPD PAN Kota Payakumbuh Supardi juga didampingi tokoh masyarakat Kota Payakumbuh Asmadi  Tahermyang populer dipanggil ‘Bujang Harimau’ yang mantan anggota dan pimpinan rekan DPRD Kota Payakumbuh serta tim Media Nasrul Kenong.


Ketua DPD PAN Kota Payakumbuh, Gusti Putra yang juga Ketua Tim seleksi pendaftaran Calon Walikota-Wakil Walikota Payakumbuh 2024 mengapresiasi kedatangan Supardi dan rombongan yang mendaftar dan mengembalikan formulir ke DPD PAN.


Ia mengakui bahwa level Supardi adalah ditingkat Gubernur (Calon Gubernur), namun dengan kerendahan hati, politisi Partai Gerindra itu lebih memilih maju dalam Pilkada Payakumbuh yang akan digelar 27 November 2024 nanti.


” Kita apresiasi kedatangan Pak Supardi dan rombongan yang mengembalikan formulir pendaftaran untuk mencalonkan diri dalam Pilkada Kota Payakumbuh. Sebenarnya level beliau adalah ditingkat Gubernur atau Calon Gubernur, namun dengan kerendahan hati, lebih memilih maju dalam Pilkada Kota Payakumbuh,” ucap Gusti Putra.


Gusti Putra juga mendoakan Supardi yang dulu juga pernah ikut Pilkada Kota Payakumbuh tahun 2012 sebagai Calon Walikota bisa terpilih sebagai Walikota Payakumbuh dengan sejumlah pengalaman yang dimiliki.


” Kita doakan Pak Supardi bisa terpilih sebagai Walikota Payakumbuh dengan sejumlah pengalaman yang dimiliki.” tutupnya.


Sementara Asmadi Taher alias ‘Bujang Harimau’ saat memberikan sambutan menyebutkan bahwa Pilkada nanti adalah memilih orang atau tokoh yang pantas menjadi pemimpin. Sebagai politisi partai Gerindra dia melihat bahwa Supardi layak jadi Walikota, karena program pembangunan untuk Payakumbuh akan lebih berkembang jika Walikota diserahkan kepada tokoh yang punya hubungan dengan Pemerintah Pusat”  ungkap Bujang Hafimau


Dikatakanya, hasil Pilres 2024 telah memandatkan Prabowo Subianto sebagai Presiden yang nota bene adalah Ketua Umum Partai Gerindra yang merupakan pimpinan Supardi di partai politik.


” Jika pada Pilkada Payakumbuh 2024 Supardi diberi kepercayaan menjabat Walikota, maka nanti Supardi akan lebih mudah meminta anggaran pembangunan dari Pemerintah Pusat, sebab Presiden RI terpilih hasil Pilpres lalu adalah Ketua Umum Partai Gerindra.


Ia mengaku kehadirannya mendampingi Supardi mendaftar ke Partai PAN karena sesuai analisa dan pandangan, Supardi adalah orang yang kenal daerah atau Kota Payakumbuh.


” Sesuai analisa dan pandangan serta sama-sama yang kita perjuangkan, maka saya hadir disini mendampingi Supardi.” tutupnya.


Sementara tokoh masyarakat Kota Payakumbuh, Manggul Malik menyatakan bahwa, ia mengaku mendukung Supardi maju dalam Pilkada Kota Payakumbuh karena Supardi memiliki komitmen dan kinerja yang terukur.


” Saya mendukung Supardi karena memiliki komitmen dan kinerja yang terukur selama menjadi anggota dan Ketua DPRD. Saya juga sempat berkomunikasi dan menanyakan kepada Supardi, jika terpilih menjadi Walikota Supardi bertekad akan merealisasikan pembangun Mesjid Raya di eks. Kantor Bupati di pusat Kota Payakumbuh serta peningkatan pembangunan Pasar Payakumbuh sebagai pusat ekonomi masyarakat disamping pembangunan lainnya,” ujar Manggul Malik.


Tetap Maju Sebagai Calon Walikota Payakumbuh


Meski Partai Gerindra hanya memiliki 1 kursi di DPRD Kota Payakumbuh hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 14 April 2024 lalu, Supardi menyebutkan bahwa ia tetap bertekad maju sebagai bakal calon Walikota dalam Pilkada Kota Payakumbuh 2024 nantinya.


” Kita tetap optimis majunsebagai bakal calon Walikita meskipun pada Pileg 2024 Partai Gerindra hanya memperoleh satu kursi. Dan ini merupakan modal yang cukup besar untuk membabvun koalisi dengan partai lain,” ucap Supardi.


Sementara terkait lobi-lobi dengan Partai Politik lain, sebab Gerindra tidak bisa mengusung atau mendaftarkan Calon Walikota-Wakil Walikota ke KPU tanpa berkoalisi dengan Partai Politik lainnya, Supardi menyebut bahwa lobi- lobi untuk berkoalisi itu susad dalam penjajakan.


” Masih dalam proses, ini kita mendaftar dan mengembalikan formulir ke Partai Politik itu bagian dari lobi-lobi Politik.” ucapnya.


Selain ke DPD Partai PAN, hari ini Supardi juga akan mendaftar ke Partai Nasdem dan Demokrat (Ady).


Editor : Tim Redaksi

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »