PILIHAN REDAKSI

Buruknya Jalan Payakumbuh-Lintau, Dump Truck Bermuatan Kayu Bakar Rebah Kuda

INFO|Limapuluh Kota - Rusak parahnya Jalan Payakumbuh-Lintau, berakibat buruk bagi Asnam yang sudah sepuh, istrinya dan satu orang cucunya....

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Cek Posko PPKM, Ini Bentuk Keseriusan Dandim dan Kapolres Mencegah Penyebaran Covid-19 di Mentawai

INFONUSANTARA.NET - Menekan angka penyebaran covid-19 yang berada di tingkat kabupaten maupun di pelosok desa sudah merupakan tugas bersama untuk mencegah dan memutus rantai penyebarannya.

Dalam hal ini untuk meminimalisir terjadinya penyebaran covid-19 ini di perlukan kerjasama semua lapisan masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan yang sudah di tetapkan pemerintah.

Hari ini, Kamis (10/6/2021), Dua unsur pimpinan TNI-Polri di Mentawai melakukan pengecekan posko Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di sejumlah desa yang ada di Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kondisi yang di hadapkan dengan bencana non alam ini (pandemi covid-19), Dandim 0319/Mentawai, Letkol.Czi.Bagus Mardyanto bersama Kapolres Mentawai, AKBP.Mu’at, SH,MM selalu bergandengan tangan untuk melaksanakan kegiatan di tengah masyarakat.

Kekompakan kedua pucuk pimpinan TNI-Polri di Mentawai ini tidak di ragukan lagi, pasalnya setiap kegiatan terus bergandengan tangan demi kemajuan kabupaten kepulauan mentawai dalam hal ini persoalan yang di hadapi saat ini yaitu Covid-19.

Kolaborasi kali ini yang di lakukan, Dandim 0319/Mentawai dengan Kapolres Mentawai itu melakukan pengecekan Posko PPKM skala mikro yang berada di Desa Bukit Pamewa, Desa Sipora Jaya, Desa Sido Makmur dan Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara.

Selain itu, Dandim dan Kapolres juga melakukan pengecekan terhadap orang keluar masuk lokasi yang tercatat di setiap Posko PPKM serta memberikan edukasi kepada petugas posko cara penanganan kasus Covid-19.

“Kita berharap seluruh desa yang ada di wilayah kabupaten kepulauan Mentawai ini sudah memiliki posko PPKM skala mikro yang di komandoi langsung kepala desanya masing-masing” ucap Kapolres.

Pembentukan posko PPKM skala mikro ini, kata Kapolres merupakan tindak lanjut dari intruksi Mendagri Nomor 03 tahun 2021 tentang PPKM berbasis mikro dan pembentukan posko penanganan covid-19 di tingkat Desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran covid-19.

Lanjut dikatakan Kapolres, posko PPKM skala mikro yang didirikan di setiap Desa ini merupakan salah satu prioritas dalam upaya percepatan penanganan Covid 19.

Jadi, petugas posko juga langsung bisa memonitor warga yang keluar masuk dan melakukan pendataan, sehingga peran dan fungsi posko PPKM ini bisa lebih optimal” ucapnya.

Dengan adanya PPKM Mikro ini, diharapkan semua masyarakat lebih peduli serta bersama-sama mendukung program pemerintah dalam memutus rantai covid-19 ini mulai di tingkat kabupaten hingga di pelosok desa, ujarnya.

Ditempat yang sama, Dandim 0319/Mentawai,Letkol.Czi. Bagus Mardyanto mengatakan, kegiatan pengecekan ini merupakan tindak lanjut tentang PPKM berbasis mikro dan pembentukan posko covid-19 di setiap desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran covid-19.

“Hari ini kita kita melakukan pengecekan untuk memastikan keberadaan posko PPKM yang berada di sejumlah desa yang ada di Kecamatan Sipora Utara” ucapnya.

Dia menyebut, posko covid-19 yang di bentuk di setiap desa ini sebagai ujung tombak serta Sebangau perpanjangan tangan pemerintah dalam membantu mencegah dan memutus rantai covid-19 di wilayah bumi sikerei ini.

Jadi, semua Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersama Muspika, serta perangkat desa dibantu tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda turut ambil bagian dalam pengendalian dan pencegahan penyebaran covid-19

Dalam hal ini juga di bentuk pengurus posko PPKM serta melaksnakan fungsinya masing-masing sebagaimana yang telah di atur dalam intruksi mendagri melalui pemerintah mulai pusat,Provinsi dan Kabupaten, tukasnya.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »