PILIHAN REDAKSI

Gubernur Sumbar Keluarkan Surat PAW Dirinya,Helmi Moesim Pertanyakan Proses Hukum Sedang Berjalan, Saya Akan Lakukan Gugatan

Helmi Moesim menjelaskan terkait dikeluarkan surat PAW dirinya oleh Gubernur Sumbar dalam jumpa pers.Minggu (28/4/2024) INFONUSANTARA.NET --...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Datangi Kantor KPU Sumbar, HM Tauhid Pertanyakan Hasil Perolehan Suaranya yang Menyusut di Situs Resmi Milik KPU

 

HM Tauhid Caleg Partai Nasdem DPRD Sumbar datangi kantor KPU Sumbar, Rabu (21/2/2024). (Foto: ist)


INFONUSANTARA.NET - Tak terima hasil perolehan suaranya menyusut, Caleg Partai NasDem DPRD Sumbar HM Tauhid menyambangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).


HM Tauhid datang untuk pertanyakan penyusutan secara drastis perolehan suaranya pada pemilu 2024 yang terpampang di situs resmi milik KPU, www.pemilu2024.go.id.


Ada apa dengan sistem KPU, perolehan suara saya, pada Selasa(20/2/2024) pukul 22.00 WIB masih 3925, namun satu jam kemudian menyusut menjadi 3204.


"Akibat informasi ini terjadi kegaduhan di lingkungan keluarga saya dan pendukung yang sudah berjuang selama ini,” ujar HM Tauhid setelah dilaporkan jam per jam dari relawan IT, Rabu (21/2-2024) kepada wartawan.


Untuk itu, HM Tauhid menuntut KPU untuk memberikan penjelasan mengenai penurunan drastis perolehan suaranya dalam waktu satu jam. Ia juga mempertanyakan sistem KPU yang memungkinkan terjadinya perubahan jumlah suara secara tiba-tiba.


Menjawab pertanyaan dari HM. Tauhid, Kordiv Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Sumbar, Ory Sativa Sa’ban mengatakan bahwa info pemilu yang memuat hasil perolehan suara merupakan salah satu wujud komitmen KPU sebagai lembaga layanan publik dalam memberikan layanan keterbukaan informasi publik.


Sebagai lembaga penyelenggara pemilu, KPU tidak hanya bertanggung jawab untuk menjalankan Undang-Undang Pemilu, tetapi juga harus mematuhi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. 


"Oleh karena itu, KPU harus memberikan akses informasi yang terbuka dan transparan kepada masyarakat,” ucap Ory.


Tapi untuk kepastian hasil rekapitulasi hasil pemilu, KPU tetap berpegang dengan data yang ada di C hasil. Sehingga setiap laman di web menayangkan suara pemilu ada disclaimer nya.(*)


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »