PILIHAN REDAKSI

Ketua Dekranasda Kab Sijunjung Nadia Fitri Benny Dwifa Ikut Hadiri Syukuran ke 44 dan Pembukaan Exspo Pemeran Dekranas 2024 Di Solo

  INFONUSANTARA.NET, SOLO - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat, Nedia Fitri Be...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Wujudkan Hanpang, Desa Tuapeijat Bantu 5 Poktan Peralatan Pertanian

 



INFO|MENTAWAI - Guna meningkatkan hasil pertanian masyarakat, Pemerintahan Desa Tuapeijat bantu 5 kelompok tani berupa fasilitas pertanian yang berada di wilayah Desa Tuapeijat.


Pemberian peralatan pertanian yang di lakukan Desa Tuapeijat menyadar kepada 5 kelompok tani yang terdiri dari Kelompok Ombaga, Muangka Baga, Pasopo di Dusun Mapaddegat, dua lagi di Dusun Berkat dan Pukarayat.


"Bantuan peralatan pertanian yang kita berikan kepada 5 poktan ini sebagai penunjang pertanian serta meningkatkan hasil produksi mereka" ucap Kades Tuapeijat, Pusuibiat.


Fasilitas pertanian itu berupa Alat perontok gabah padi, alat pengulas padi beserta mesin dan tangki penyemprot hama.


"Bantuan alat pertanian ini bersumber dari dana Desa Tuapeijat tahun anggaran 2021-2022 sebesar Rp. 93 Juta" ucapnya.


Sekertaris Desa Tuapeijat, Nobel menyampaikan, bantuan alat pertanian yang di serahkan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintahan desa terhadap masyarakat petani guna mendukung ketahanan pangan.


Selain itu dengan adanya fasilitas pertanian tersebut juga dapat mendukung percepatan pengelolaan lahan pertanian seperti padi.


"Ada 25 hekar lahan persawahan yang di kelola kelompok tani yang berada di Dusun Mapaddegat" sebutnya.


Melalui fasilitas pertanian ini, dia berharap para petani lebih semangat dan lebih giat untuk meningkatkan hasil pertanian dalam mewujudkan ketahan pangan di wilayah desa tuapeijat.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »