PILIHAN REDAKSI

Hakim Agung Prof Yulius di Lokasi Banjir Sumbar: Ajak Anak-anak Pengungsi Baca Al-Qur’an dan Bagi-bagi Alat Sholat

  Ketua Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung (TUN MA) Hakim Agung Prof. Yulius sambangi lokasi pengungsi banjir bandang atau 'galodo&#...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Gandeng Karang Taruna, Sekdes Tuapeijat Monitoring Kegiatan Posyandu



INFONUSANTARA.NET - Posyandu (pos pelayanan terpadu) keluarga merupakan program unggulan pemerintah pusat, guna mendukung dan menunjang program Nasional.


Guna mewujudkan program Nasional ini, Pemerintah Desa Tuapeijat yang di wakili Sekretaris Desa Tuapeijat beserta perangkat desa lainnya yang di dampingi ketua karang taruna desa Tuapeijat lakukan monitoring dan supervisi terhadap kegiatan posyandu yang ada di wilayah Desa Tuapeijat.

Sekdes Tuapeijat, Nobel mengatakan, posyandu yang ada di Desa Tuapeijat ada 6 dan masing-masing posyandu terdiri dari 5 orang kader Posyandu dan jumlah kader posyandu keluarga sebanyak 30 orang.

“Peran Posyandu sangat penting di tengah masyarakat, tidak hanya untuk memantau tumbuh kembang bayi dan balita tetapi juga program posyandu diperuntukan untuk ibu hamil, ibu menyusui dan lansia” tutur Nobel, Sabtu (10/12/2022).

Dia menjelaskan, tujuan pelaksanaan Posyandu ini mencegah peningkatan kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Selain itu fungsi posyandu untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak, ujarnya lagi.

Kegiatan posyandu di wilayah desa Tuapeijat ini, kata Nobel dilaksanakan dua kali sebulan yakni pada tanggal 10 kegiatan posyandu ibu hamil dan balita dan tanggal 20 posyandu khusus lansia.

Dengan adanya Posyandu ini, Sekdes Tuapeijat mengharapkan kepada masyarakat Desa Tuapeijat untuk berpartisipasi aktif dalam mengunjungi dan mengikuti kegiatan bulanan, sehingga melahirkan generasi yang cerdas dan sehat.

Pada kegiatan kali ini, Pemdes Tuapeijat telah melakukan monitoring di sejumlah titik lokasi yakni, Posyandu ananda, Posyandu harapan bersama, Posyandu ogo’simasingin dan  Posyandu pubolakat.

“Untuk dua lokasi posyandu lagi seperti Posyandu Berkat dan Posyandu Rindu akan di agendakan minggu depan” sebut Nobel.

Monitoring yang di lakukan di sejumlah posyandu yang ada di wilayah Desa Tuapeijat ini salah satu bentuk perhatian Desa Tuapeijat terhadap kader posyandu

Tak hanya bentuk perhatian yang di berikan, Desa Tuapeijat juga menyerahkan alat penunjang kerja kader posyandu berupa timbangan bayi, alat pengukur tinggi bayi, alat pendeteksi tekanan darah serta kebutuhan  pemenuhan gizi bagi balita yang terdampak gizi buruk dan stunting.

Editor : Heri Suprianto


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »