PILIHAN REDAKSI

Perkuat Komunikasi, Dandim 0319 Mentawai Sharing Dengan Awak Media

INFO|MENTAWAI - Guna meningkatkan komunikasi dan sinergi yang baik, Dandim 0319/Mentawai, Letkol Inf Restu Petrus Simbolon silahturahmi ber...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Hadiri Hari Jadi Mentawai ke-23, Kapolres AKBP Mu'at Kenakan Luat (Ikat Kepala)



INFO|MENTAWAIKabupaten Kepulauan Mentawai merupakan salah satu provinsi di Sumatera Barat. Kabupaten ini berada di luar wilayah Sumatera yang terdiri dari empat pulau utama yang dihuni oleh mayoritas masyarakat suku Mentawai dan sebagian kecil suku lainnya


Sejarah Kabupaten Kepulauan Mentawai berdiri berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 49 Tahun 1999 dan nama Mentawai diambil dari nama geografisnya.


Kabupaten ini terdiri dari empat kelompok pulau berpenghuni utama, Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan dan merupakan rumah bagi mayoritas masyarakat Mentawai.


Kepulauan Mentawai adalah bagian dari serangkaian pulau non-vulkanik, kepulauan ini terdiri dari puncak-puncak punggung pegunungan bawah laut.


Dengan usia kabupaten mentawai yang ke 23 ini, Kapolres Mentawai, AKBP,Mu’at, SH,MM bersama istri selaku Ketua PC Bhayangkari Mentawai ikut serta memeriahkan hari jadi mentawai dengan mengenakan pakaian adat dan memakai luat di bagian kepala, (ikat Kepala).


Luat ini merupakan salah satu kerajinan suku Mentawai. Pada zaman dahulu Luat biasanya hanya bisa dipakai para Sikerei, namun di zaman semakin maju, Luat ini sudah bisa di gunakan oleh masyarakat umum, bahkan ada yang di pasarkan.


Menurut Kapolres Mentawai, keanekaragaman suku dan budaya di mentawai menjadi salah satu pemersatu untuk mewujudkan pembangunan di kabupaten kepulauan mentawai dengan bergandeng tangan sesuai motto mentawai musara kasimaeru’ (Bersatu dalam kebaikan).


Di momen hari jadi mentawai ke-23 tahun 2022 ini, selain memeriahkan dengan menggelar berbagai kegiatan juga menjadi refleksi untuk selalu berbenah dalam mewujudkan pembangunan lebih maju lagi sesuai tema “Bangkit lebih kuat menuju mentawai mandiri, maju sejahtera”


Hal itu di sampaikan Mu’at saat hadiri kegiatan atraksi budaya dengan menampilkan tarian mentawai, tari minang, tari batak, tari Nias, Tari Papua, Fashion show, kuda lumping dan pembuatan tato mentawai


Atraksi budaya dalam memeriahkan hari jadi mentawai ke-23  ini di gelar di halaman kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai yang di gelar selama dua hari.


Untuk kegiatan hari kedua tepat tanggal 4 Oktober 2022 yang merupakan hari jadi mentawai yang di ditunggu-tunggu masyarakat akan di laksanakan pawai karnaval kendaran hias. Kemudian acara seremonial di lanjut acara cerita rakyat, tari adat mentawai, tari anak-anak dan yang lainnya.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »