PILIHAN REDAKSI

Buron Sejak 2023, Pelaku Curanmor di Payakumbuh Ditangkap di Agam

INFO|Payakumbuh - Tim Buser Sat Reskrim Polres Payakumbuh berhasil meringkus tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor di Payakumbuh, s...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

7 Prioritas Pelanggaran Operasi Zebra Singgalang 2022 di Mentawai

 


INFO|MENTAWAISelama 14 hari kedepan terhitung tanggal 3 Oktober sampai dengan 16 Oktober 2022, Polres Kepulauan Mentawai menggelar Operasi Kepolisian dengan Sandi Ops Zebra Singgalang 2022.


Diwilayah hukum Polres mentawai dimulainya Operasi Zebra Singgalang 2022 ditandai dengan pelaksanaan Apel Gelar Pasukan yang di pimpin Pj Bupati Mentawai, Martinus Dahlan diikuti instansi terkait dari unsur TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol-PP Mentawai di halaman Mako Polres Mentawai, Senin (3/10/2022).


Kapolres Mentawai, AKBP,Mu’at, SH,MM mengatakan, Operasi Zebra Singgalang 2022 ini dalam rangka cipta kondisi terhadap potensi kerawanan yang berpengaruh terhadap stabilitas keamanan maupun kamseltibcar lantas menjelang natal dan tahun baru 2022 ditengah pandemi Covid-19.


“Saya harapkan jajaran lalulintas mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi baik taktis maupun teknis agar potensi pelanggaran serta kecelakaan dapat diminimalisir” ungkapnya


Dia mengatakan, operasi zebra singgalang ini perlu mengedepankan simpatik, humanis dan Presisi serta berjiwa penolong dan selalu hadir ditengah masyarakat guna meningkatkan citra Polri Khususnya di bidang Lalulintas.


Apel gelar pasukan ini, Kapolres juga menyampaikan beberapa penekanan yaitu melaksanakan binluh kepada semua masyarakat tentang pentingnya kamseltibcarlantas dan pencegahan penularan virus Covid-19,


Dalam melaksanakan operasi agar mempedomani standar operasional (SOP) sebagaimana yang di atur dalam peraturan Kapolri nomor 1 tahun 2019 tentang sistem managemen standar keberhasilan operasional serta ketentuan peraturan lainnya di bidang lalulintas dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.


Operasi zebra singgalang ini, kata Kapolres libatkan TNI dan Dinas instansi terkait lainnya sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing, agar operasi dapat terlaksana dengan baik dan mencapai target yang telah di tetapkan dalam rencana operasi.


Selain itu Kapolres juga menegaskan kepada personel untuk menghindari sikap dan perilaku serta tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan yang dapat menyakiti hati masyarakat, sehingga berdampak negatif dan turunnya kepercayaan masyarakat terhadap polri khususnya polisi lalu lintas


“Lakukan analisa dan evaluasi setiap selesai melaksanakan operasi yang akan di laksanakan pada hari berikutnya, sehingga mendapatkan hasil lebih baik lagi” tutupnya.


Untuk di ketahui operasi zebra singgalang 2022 ini ada 7 prioritas pelanggaran yang perlu di lakukan penegakan hukum yaitu,

Pengemudi atau pengendara menggunakan ponsel saat berkendara, Pengemudi yang masih di bawah umur, Pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang .


Selanjutnya, Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan  helm SNI atau yang tidak menggunakan safety belt, Pegendara sepeda motor dalam pengaruh alkohol, Pengendara sepeda motor yang melawan arus dan Pengendara sepeda motor melebihi batas kecepatan atau kebut-kebutan.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »