PILIHAN REDAKSI

Perkuat Komunikasi, Dandim 0319 Mentawai Sharing Dengan Awak Media

INFO|MENTAWAI - Guna meningkatkan komunikasi dan sinergi yang baik, Dandim 0319/Mentawai, Letkol Inf Restu Petrus Simbolon silahturahmi ber...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Fokus Pada Usaha Huller, Masyarakat Nagari Guguak Malalo Dirikan Bumdus




INFO|Tanah Datar - Untuk mempersempit ruang gerak rentenir yang berdampak kepada hasil pertanian, masyarakat Nagari Guguak Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar munculkan ide untuk mendirikan Badan Usaha Milik Dusun (Bumdus).


Bumdus ini diberi nama Kanter Leans (Kanang Tarok Alam Sebatang) yang fokus pada usaha huller atau mesin penggilingan padi.


Menariknya, huller tersebut berasal dari modal patungan masyarakat setempat dengan tujuan mensejahterakan masyarakat dari jeratan tengkulak juga untuk pembangunan Masjid.


"Maka dihimpun dana dari masyarakat  dan diadakan kegiatan berupa penggilingan padi," kata Sekretaris Nagari Guguak Malalo Rizal Amri kepada media, Senin (13/6/2022).


Hadirnya Bumdus seolah memberikan angin segar di kalangan masyarakat Guguak Malalo, sebab hasil tani khususnya padi kering di masyarakat dibeli dengan harga yang layak. 


Berbeda dengan sebelumnya, di mana masyarakat dihadapkan dengan tengkulak yang membeli padi masyarakat dengan harga yang murah bahkan tidak wajar.


"Program itu juga sejalan dengan program pemerintah dalam pemberantasan rentenir di Tanah Datar atau "Makan Rendang," katanya.


Manager Keuangan Bumdus Kanter Leans, Suhermi, menyebut meski belum genap satu tahun beroperasi, Bumdus ini sudah memberikan banyak manfaat untuk masyarakat, diantaranya membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.


"Kini dalam satu bulan Bumdus Kanter Leans bisa mengirim sebanyak 12 ton beras bagai masyarakat Malalo yang ada di perantauan dan juga sudah menghasilkan Rp40 juta untuk pembangunan Masjid," katanya.


Ia berharap, kedepannya Bumdus Kanter Leans bisa semakin maju, usahanya semakin berkembang dan memberikan lebih banyak manfaat untuk masyarakat.


"Sekarang dana yang terkumpul melalui Bumdus disalurkan ke pembangunan Masjid, kedepannya bisa untuk jalan-jalan ke persawahan ataupun irigasi," ujarnya.


Bupati Tanah Datar Eka Putra mengapresiasi gebrakan yang dilakuan Bumdus Kanter Leans dalam meningkatkan ekonomi dan mensejahterakan masyarakat di Nagari Guguak Malalo.


Bupati berharap Bumdus Kanter Leans terus berinovasi mengembangkan usaha yang dirintis perantau dan masyarakat serta menjadi contoh bagi Nagari lain di Tanah Datar.


"Diharapkan seluruh nagari di Tanah Datar dapat meniru langkah yang dilakukan perantau dan masyarakat nagari Guguak Malalo dengan mendirikan Bumdus Kanter Leans yang memberikan banyak manfaat ke masyarakat," kata Bupati.


Penulis : yb/Silva

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »