PILIHAN REDAKSI

Pilkada Payakumbuh, Supardi Serahkan Berkas Balon Walikota ke Tiga Parpol

INFO|Payakumbuh - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi memperlihatkan keseriusannya untuk maju di pemilihan walikota - wakil walikota...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Pekan Imunisasi Dunia, Mari Kita Sehatkan Keluarga dan Lewati Pandemi Dengan Imunisasi Lengkap



INFO|MENTAWAI - Pekan Imunisasi Dunia (PID) dan Bulanan Imunisasi Nasional (Bian) merupakan pekan yang bertujuan mempromosikan penggunaan vaksin untuk melindungi seseorang dari segala penyakit.


Perayaan ini dilaksanakan setiap pekan terakhir di bulan April, yakni dari tanggal 16-22 April 2022. Kegiatan ini merupakan kolaborasi Dinkes Mentawai dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar mengusung tema wujudkan masa depan gemilang dengan imunisasi lengkap.

Kegiatan pekan imunisasi ini di tandai dengan pemotongan pita oleh Kadis Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar bertempat di Desa Goiso’oinan, Kecamatan Sipora Utara, Selasa (19/4/2022).

Dia mengatakan, Pekan Imunisasi Dunia ini guna untuk memperluas keterlibatan masyarakat dalam penggunaan vaksin dan mempromosikan pentingnya vaksin untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bagi semua penduduk di dunia.

Ditambah lagi, tahun ini merupakan apresiasi kepada para perawat dan bidan di seluruh dunia karena mereka telah berperan penting dalam mengampanyekan imunisasi di garda terdepan untuk para orang tua dan orang tua baru.

Dikatakan, tidak dapat dipungkiri, pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 memberikan dampak penurunan cakupan imunisasi yang cukup signifikan. Di tingkat global cakupan imunisasi menurun dari 86% di tahun 2019 menjadi 83% di tahun 2020.

Nah, Jumlah anak yang tidak mendapat imunisasi dasar sebesar 23 juta anak. Indonesia juga mengalami penurunan cakupan imunisasi dasar dari 93,7% di tahun 2019 menjadi 773% di tahun 2021. Sebut lahmuddin membacakan sambutan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

Dia menyebut, Jumlah anak yang tidak mendapat imunisasi sejak tahun 2017-2021 sebesar 1.862.342. Penurunan cakupan imunisasi ini akan mengakibatkan timbulnya daerah-daerah kantong yang berpotensi menjadi sumber kasus-kasus PD3I, bahkan dapat menimbulkan kejadian Luar Biasa (KLB) PD3I.

Pelaksanaan peringatan Pekan Imunisasi Dunia (PID) tahun 2022 merupakan momentum yang tepat dan strategis dalam meningkatkan kembali kesadaran untuk melakukan tindakan kolektif dari seluruh unsur masyarakat dan swasta untuk meningkatkan cakupan imunisasi sebagai perlindungan semua kelompok umur, guna mencapai eradikas dan eliminas Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

“Mari kita sehatkan keluarga dan lewati pandemi dengan Imunisasi lengkap, semoga menjadi penyemangat bagi seluruh lapisan masyarakat di semua kelompok umur” ajaknya.

Selain itu dia menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran kesehatan, lintas sektor serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu berjuang dalam melaksanakan pembangunan kesehatan untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas dan tumbuh menjadi bangsa besar yang kuat, tukasnya.

Editor : Heri Suprianto


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »