PILIHAN REDAKSI

Maju Pilwako Payakumbuh, Erwin Yunaz Daftar ke Partai Demokrat

INFO|Payakumbuh - Mantan Wakil Wali Kota Payakumbuh periode 2017-2022, Erwin Yunaz, resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrat pada hari in...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Meningkatkan Minat Baca, Zulfikar : Solusinya Harus Menyiapkan Sarana dan Prasarana

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Mentawai, Zulfikar, S.Pi


INFO|MENTAWAI - Langkah untuk meningkatkan literasi minat baca, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Mentawai menyusun rencana strategis dengan menyediakan sarana dan prasarana dan memperbanyak koleksi buku bacaan.


Selain itu juga meningkatkan SDM dari sisi kualitas dan menyiapkan tenaga perpustakaan serta melaksanakan kegiatan-kegiatan sosialisasi di tengah masyarakat maupun di sekolah.


"Kita berharap kedepan tingkat kegemaran membaca di mentawai terus mengalami peningkatan dengan melakukan terobosan-terobosan" ucap Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Mentawai, Zulfikar, S.Pi di ruang kerjanya, Kamis  (7/4/2022)


Dia menyebut, strategi untuk peningkatan literasi minat baca ini lebih mengiatkan dalam bentuk perlombaan menulis, guna merangsang para generasi muda untuk gemar membaca buku.


Tahun ini, sebut Zulfikar sudah kita agendakan perlombaan yang di selenggarakan bulan agustus 2022 untuk merangsang minat baca bagi generasi muda dan ini butuh perjuangan karena serba keterbatasan.


"Kondisi ini menjadi tugas kami untuk melalukan kolaborasi dengan Dinas pendidikan, pemberdayaan masyarakat desa, guna meningkatkan budaya literasi minat baca dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM)" imbuhnya.


Untuk meningkatkan minat baca sebenarnya masih banyak yang musti yang harus di benahi pemkab mentawai, dimana saat ini masih fokus kepada infrastruktur, Pendidikan dan Kesehatan, sehingga porsi anggaran di Dinas kerasipan dan perpustakaan tidak terlalu signifikan.


Disisi lain, untuk koleksi buku perpustakaan tahun 2022 sudah ada 10.700 dan tahun ini juga ada penambahan pengadaan buku perpustakaan.


Perpustakaan ini, kata dia juga bisa sebagai tempat riset atau penelitian khususnya buku-buku tentang literasi mentawai, akan tetapi kondisi masih terbatas.


"Ketika tamu datang memang kita agak sulit untuk mencari literasi tentang mentawai dan ini menjadi tugas kami untuk mencari buku yang bersifat kekhasan" ucap Zulfikar.


Untuk kedeapn mengingat teknologi semakin canggih, pihaknya juga akan mengarah kepada berbasis digital, itupun kalau anggaran memadai nantinya.


"Kita berharap minat baca di mentawai terus meningkat, karena gemar membaca itu salah satunya meningkatkan kualitas, pengetahuan dan wawasan secara individu selain kepada orang banyak" tuturnya.


Editor : Heri Suprianto


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »