PILIHAN REDAKSI

Lantik 598 PPPK Formasi 2023, PJ Bupati Mentawai : Maksimalkan Pelayanan Kepada Masyarakat

INFO|MENTAWAI - Sebanyak 598 Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) jabatan fungsional guru dan kesehatan formasi 2023 resmi di ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Kebutuhan Air Masih Minim, Camat Sipsel Harapkan Ada Pembangunan Jaringan PAM Sampai Kerumah Warga

 



INFO|MENTAWAI - Tidak bisa dipungkiri, bahwa air bersih merupakan salah satu hal terpenting bagi kehidupan sehari-hari dan  memiliki banyak manfaat. Selain digunakan sebagai pelepas dahaga, air juga memiliki manfaat lain yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan.


Air adalah salah satu elemen utama di Bumi yang menjadi bagian tidak terpisahkan bagi seluruh manusia. Makhluk hidup tidak dapat hidup jika tidak ada air, sehingga air sangat dibutuhkan untuk menjaga kelangsungan makhluk hidup.


Salah satu manfaat air bersih yang langsung kita rasakan adalah membantu dalam kegiatan rumah tangga untuk mandi, mencuci, memasak dan lain sebagainya. Ketersediaan air bersih adalah syarat mutlak untuk hidup yang berkualitas.


Dengan demikian untuk menunjang kebutuhan air bersih perlu adanya peningkatan fasilitas, dimana selama ini masyarakat yang berada di wilayah kecamatan sipora selatan dalam memenuhi kebutuhan air di lakukan masih secara manual.


"Program ini menjadi upaya kita di kecamatan sipora selatan, agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan air dan di harapkan masuk jaringan PDAM ke wilayah sioban dam sekitarnya" ucap Camat Sipora Selatan, Yusuf Hadisumarto kepada media, Senin (14//2/2022).


Seperti diketahui air merupakan kebutuhan yang sangat terpenting dalam kehidupan. Untuk memaksimal potensi yang ada ini menjadi fokus kita dalam program air bersih.


"Saat ini hanya 50 persen PAM berjalan, itu pun di lakukan secara manual yang merupakan dari Pamsimas, kita juga berharap pembangunan PAM dari OPD terkait bisa nyambung sampai ke wilayah Sipora Selatan" harapnya.


"Sementara untuk kebutuhan air bersih di temgah masyarakat masih di lakukan secara manual, kalau dapat bisa langsung mengalir kerumah warga, tidak lagi memgangkat air, terangnya.


"Ini salah satu program yang kita fokuskan terkait soal air bersih.Selain itu kita minta juga kepada para kepala Desa untuk berinovasi dalam meningkatkan kebutuhan masyarakat" ujarmya lagi.


Lanjut dii katakan, kalau PAM sudah nyambung hingga kerumah masyarakat, tentu tidak lagi kesulitan bagi masyarakat untuk memgangkat air untuk memenuhi kebutuhan hidup serta memudahkan warga.


Menurut Hadi kebutuhan air yang bisa terserap yang berada di 7 Desa baru 50 persen dan masih banyak lagi titik lokasi yang belum terpenuhi soal kebutuhan air.


Maka dari itu, kata dia program ini menjadi prioritas dan kebutuhan bersama yang musti harus segera di bangun jaringan PAM melalui kerjasama dengan pihak OPD terkait.


"Solusinya tidak ada saling menyalahkan, akan tetapi kita berharap pembangunan jaringan air bersih ini melalui OPD terkait dapat teralisasi nantinya, agar kebutuhan air dapat terpenuhi di tengah masyarakat khususnya di wilayah kecamatan sipora selatan, tukasnya.



Edito : Heri Suprianto





Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »