PILIHAN REDAKSI

Bupati Sijunjung Beserta Jajarannya Sambut Kunjungan Rombongan Dari Menko PMK Prof Dr Muhadjir

  Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, sambut kedatangan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), yang juga Ketua...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Tahun Baru Imlek 2573, Etnis Tionghoa di Padang Rayakan Sederhana Saja

 



INFONUSANTARA.NET - Tahun Baru Imlek 2573 di Tahun Macan Air, jatuh pada hari Selasa, 1 Februari 2022 .Dalam penanggalan Imlek yang biasanya diwarnai dengan Festival Lampion.


Artinya hari ke-15 Februari 2022 adalah Cap Go Meh 2573 dan juga pada 2022 ini merupakan tahun yang dinamis, menarik dan tak terduga.Secara umum tahun 2022 menurut astrologi China adalah tahun ketika peningkatan keberuntungan berlaku untuk semua tanda.


Salah seorang tokoh masyarakat Tionghoa di kampung Pondok, Iswanto Kwara dihubungi melalui seluler nya Sabtu (15/01) kemarin mengatakan bahwa saat ini dalam menyambut Tahun Baru Imlek 2022 pada 1 Februari /Cap Go Meh 2573,  ada lebih kurang sebanyak 180  Lampion/ telong - telong  yang sudah dipasang di halaman Klenteng See Hin Kiong.


Lebih lanjut disampaikan pengurus Klenteng See Hin Kiong bidang Bina Usaha, Iswanto Kwara yang juga merupakan salah seorang anggota dewan Kota Padang dari Partai PDI-P  menyampaikan, tradisi orang Tionghoa yang sembahyang di Klenteng dilakukan pada hari ke 15 penanggalan Tionghoa.



Jelang perayaan tahun baru Imlek memang selalu dipasang Lampion (telong-telong) di Klenteng dan sekitar kawasan kampung Pondok.


Sebanyak 180 Lampion/telong -telong di Klenteng See Hin Kiong baru ini akan dinyalakan Senin (17/01) bertepatan pas pada tanggal 15 penanggalan Tionghoa dan Lampion dipasang hingga 15 hari sesudah perayaan tahun baru Imlek pada 2 Februari datang,” ujarnya.


Pada Senin malam pukul 19.00 WIB, kita sudah mulai menghidupkan lampion ini dan langsung diadakan acara pembukaan oleh seluruh pengurus Klenteng See Hin Kiong. Diiringngi persembahan atraksi dari Tim Barongsai. 


Namun dalam pelaksanaannya dalam menyalakan lampion yang juga ada atraksi barongsai seperti yang biasanya dilakukan pada tiap tahun sebelum sebelumnya. 


Nah dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek/Cap Go Meh 2573 di tahun Macan Air ini, pelaksanaan penyalaan lampion dan atraksi barongsai di Klenteng See Hin Kiong tidak terbuka disaksikan bagi masyarakat umum.


Selain itu perayaan Tahun Baru Imlek 2022 Cap Go Meh 2573 dirayakan secara sederhana saja. Hal ini mengingat masih dalam suasana pandemi, dilarang berkerumunan laksanakan prokes," pungkasnya. (Inf)





Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »