PILIHAN REDAKSI

Pilkada Payakumbuh, Supardi Serahkan Berkas Balon Walikota ke Tiga Parpol

INFO|Payakumbuh - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi memperlihatkan keseriusannya untuk maju di pemilihan walikota - wakil walikota...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Penguatan Ketangguhan Masyarakat, Babinsa Sipora Sosialisasi Destana di Desa Sioban



INFO|MENTAWAIUntuk memberikan penguatan agar masyarakat lebih siap dalam menghadapi bencana, Babinsa Koramil 03/Sipora, Kodim 0319/Mentawai, Sertu Efendi melaksanakan sosialisasi Desa Tangguh Bencana (Destana) bersama Yayasan Citra Mandiri Mentawai (YCMM) di Desa Sioban.


Pada kesempatan itu sosialisasi program Desa tangguh bencana ini di hadiri Babinsa 03 sioban, Kepala Desa Sioban, Kepala BPD Sioban, Yayasan citra mandiri dan peserta

“Sosialisasi ini dalam rangka penguatan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana tsunami dan untuk pengembangan Desa Tangguh Bencana yang berada di daerah pesisir” ucap Sertu Efendi, Senin (17/1/2022).

Dia mengatakan, program Desa Tangguh Bencana ini akan segera di lakukan pembimbingan kepada masyarakat dan karang taruna, dimana kegiatan ini materinya akan di paparkan oleh pihak dari Yayasan Citra Mandiri.

Sebagai Bintara Pembina Desa, kata dia siap bertugas untuk mengkoordinasikan upaya penanggulangan bencana seperti membuat langkah untuk melindungi masyarakat berisiko di daerah wilayah binaannya.

Menurut Sertu Efendi tingkat kesiapsiagaan masyarakat cukup baik bagi daerah yang sudah pernah mengalami terkena bencana, namun demikian sosialisasi perlu di lakukan, guna mengingatkan kembali agar masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan.

“Bagi daerah yang belum mengalami bencana masih banyak yang belum paham dan tidak tahu kemana harus melakukan evakuasi, maka sosialisasi ini sangat penting di gencarkan terus” tuturnya.

Dikatakan, perangkat desa juga diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam memberikan sosialisasi kepada warga, namun tetap memperhatikan kearifan lokal.

“Prinsipnya masyarakat harus sadar potensi bencana yang ada, memahami dan mampu melakukan upaya pencegahan, dan masyarakat menjadi tangguh serta mampu dalam menyelamatkan diri dari bencana” ucapnya mengakhiri.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »