PILIHAN REDAKSI

Gubernur Sumbar Keluarkan Surat PAW Dirinya,Helmi Moesim Pertanyakan Proses Hukum Sedang Berjalan, Saya Akan Lakukan Gugatan

Helmi Moesim menjelaskan terkait dikeluarkan surat PAW dirinya oleh Gubernur Sumbar dalam jumpa pers.Minggu (28/4/2024) INFONUSANTARA.NET --...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Melalui Kelompok Literasi, Siswa SMKN 1 Sutera Lahirkan Karya Tulis di Terbitkan Dalam Sebuah Buku



INFO|PESSELSekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat sukses mengasah literasi siswa menjadi sebuah buku dan dipatenkan menjadi karya tulis melalui kelompok literasi.


Kepala Sekolah SMKN 1 Sutera, Lili Suriati mengungkapkan, karya tulis itu merupakan yang perdana. Karya itu berhasil, setelah dikembangkan melalui program kelompok literasi pojok baca yang ada di sekolah itu.

“Alhamdulillah, berhasil diterbitkan dengan ISBN-978-623-946425-4. Buku ini terbit tahun 2021 ini, dalam sebuah antologi cerpen dengan judul Senja Itu Tidak Lagi Sama,” ungkapnya kepada media , Kamis (16/12/2021).

Program kelompok literasi Pojok Baca itu, didirikan pada tahun 2020 lalu. Program ini dianjurkan Mendikbud RI dalam membudayakan literasi bagi siswa dan dikemas menjadi ekskul.

Melalui inilah, kelompok literasi SMKN 1 terus berkembang dan berhasil mengasah kemampuan menulis para siswa dan siswi yang menjadi sebuah karya buku.

Meskipun masih belum sempurna atau banyak kekurangan. Tapi, dengan terbitnya buku ini cukup berdampak positif dalam meningkatkan minat baca dan menulis siswa,”jelasnya.

Antologi cerpen dengan judul “Senja Itu Tidak Lagi Sama” ini merangkum sebanyak 10 cerpen dengan 69 halaman dari 10 penulis. Judulnya beragam dan penuh dengan penjiwaan.

Penerbitan buku ini, pihak sekolah bekerjasama dengan Seameo salah satu kelompok atau lembaga yang bergerak di bidang literasi.

Menurutnya, selain memacu minat baca dan menulis, program literasi ini juga diharapkan memacu inisiatif belajar siswa secara mandiri dan produktif. Sehingga, tidak hanya berpacu pengetahuan berdasarkan bidang-bidang jurusannya saja, tetapi mereka bisa menambah wawasan, diskusi dan menulis bidang-bidang yang lain.

Tentu selain kemampuan di bidang Automotif, akutansi, listrik dan teknik audio video, kita juga ingin siswa juga memiliki pengetahuan di bidang sastra,”sebutnya

Lanjutnya, setelah lahirnya buku ini, SMKN 1 Sutera akan meningkatkan lagi karya siswa. Tidak hanya cerpen, tentu bisa menjajal kemampuan siswa pada Sastra lainnya.

“Dengan ini kedepannya siswa bisa terus berkarya dan memunculkan ide-ide baru inovatif dalam karyanya,” tutupnya.(Topit Marliandi).


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »