PILIHAN REDAKSI

Pilkada Payakumbuh, Supardi Serahkan Berkas Balon Walikota ke Tiga Parpol

INFO|Payakumbuh - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi memperlihatkan keseriusannya untuk maju di pemilihan walikota - wakil walikota...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Dari Kuota 606 Formasi,Pemko Padang Hanya Seleksi untuk 130 Formasi CPNS dan PPPK 2021

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang, Arfian. 

INFONUSANTARA.NET - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 seluruh Indonesia kembali dibuka. Begitu juga untuk Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Rencananya pendaftaran akan dimulai pada 31 Mei 2021.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang Arfian, menjelaskan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2021 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyetujui 130 formasi.

Berdasarkan surat persetujuan kuota formasi diterima BKPSDM Kota Padang, paling banyak formasi tenaga kesehatan, tenaga administrasi, dan tenaga teknis. 

Pada Tahun 2021 ini yang disetujui KemenPAN-RB terdiri atas 118 formasi CPNS dan 12 formasi PPPK non guru. Totalnya 130 formasi untuk CPNS dan PPPK Tahun 2021 ini.

Sementara formasi PPPK guru sebanyak 476 formasi, penyelenggaranya dan perekrutannya langsung dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

"Pemko Padang hanya melakukan seleksi untuk 130 formasi CPNS dan PPPK non guru itu," kata Arfian, Jum'at (21/5/2021).

"Kalau PPPK guru dilaksanakan Kemendikbud Ristek untuk ditempatkan di Kota Padang. Kemendikbud Ristek hanya penyelenggara, kemudian mereka yang lulus nantinya juga akan digaji oleh Pemko Padang," sebut Arfian.

Dikatakan, jumlah formasi yang disetujui KemenPAN-RB lebih kecil dibanding total formasi yang diusulkan Pemko Padang. Sebelumnya, Pemko Padang melalui BKPSDM mengajukan 200 formasi CPNS dan 700 formasi PPPK non guru dan guru.

Jumlah formasi tahun ini kata Arfian juga lebih kecil jika dibanding kuota formasi CPNS tahun lalu yang disetujui KemenPAN-RB sebanyak 375 formasi, tenaga pendidik sebanyak 240 formasi, tenaga kependidikan 55 formasi, tenaga kesehatan 23 formasi, dan tenaga teknis sebanyak 57 formasi.

Seleksi CPNS 2021 dimulai 31 Mei 2021. Seleksi terdiri atas administrasi, tes kompetensi dasar hingga tes kompetensi bidang. Proses seleksi akan dilaksanakan sampai bulan Juni 2021.

"Untuk pendaftaran, mulai dibuka serentak seluruh Indonesia sesuai arahan pemerintah pusat pada 31 Mei 2021.Kalau ada perubahan tentu akan diumumkan lagi.Termasuk persyaratan dan ketentuan pendaftaran juga diumumkan lagi nantinya," ungkap Arfian.(*)



Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »