PILIHAN REDAKSI

Buron Sejak 2023, Pelaku Curanmor di Payakumbuh Ditangkap di Agam

INFO|Payakumbuh - Tim Buser Sat Reskrim Polres Payakumbuh berhasil meringkus tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor di Payakumbuh, s...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Beroperasinya KMP Tanjung Burang, Frekwensi Konektivitas Penyebrangan ke Mentawai Akan Bertambah

PADANG,infonusantara.net – Dengan adanya penambahan akses transportasi rute padang-mentawai, konektivitas transportasi ke Mentawai bakal lancar

Kapal yang akan melayani rute padang-mentawai itu KMP Tanjung Burang PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Padang. Kapal tersebut barusan di lakukan launching oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi di pelabuhan Bungus, Jumat (16/4/2021).

Mahyeldi mengatakan penambahan kapal untuk rute padang-mentawai ini sejalan dengan salah satu visi misi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam percepatan, pemerataan dan konektivitas transportasi laut untuk meningkatkan efisien pergerakan orang dan barang terutama konektivitas di kepulauan Mentawai.

Dengan diresmikan penambqhan satu unit Kapal Angkutan Penyeberangan KMP Tanjung Burang ini, Mahyeldi berharap dapat menghadirkan kesejahteraan masyarakat Sumbar khususnya masyarakat bumi sikerei.

“Beroperasinya KMP Tanjung Burang maka frekwensi konektivitas kapal penyeberangan ke Mentawai akan bertambah,” tuturnya

Selama ini, kata Mahyeldi, PT ASDP Padang hanya memiliki KMP Gambolo dan Ambu Ambu yang melayani rute pelayaran dari Padang ke Mentawai. Menurutnya, dengan hadirnya KMP. Tanjung Burang maka ke depan, setiap hari akan selalu ada kapal penyeberangan tersedia ke Mentawai.

Selain itu, Gubernur Sumbar juga mengapresiasi kinerja dari Pemkab Mentawai, Dinas Perhubungan Provinsi, dan Kementerian Perhubungan melalui BPTD sebagai satuan kerjanya di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Kemudian juga pihak PT ASDP Indonesia Ferry Persero sebagai operator kapal yang membuahkan hasil sinergi bersama, yaitu penambahan satu unit Kapal Angkutan Penyeberangan Tanjung Burang.

Gubernur Sumbar juga mengatakan, dengan diserahkannya aset Pelabuhan Teluk Penyeberangan Teluk Bungus kepada Kementerian Perhubungan, saat ini sudah banyak perkembangan pembangunan sisi laut Pembangunan Dermaga II.

“Tahun lalu telah dilakukan pembangunan tahap 1 pada dermaga II dan perbaikan Moving Bridge.” Tahun ini sedang berlangsung pembangunan lanjutan dermaga II tahap dua yang rencananya selesai di tahap 3 tahun depan,” ungkap Mahyeldi.

Mahyeldi berharap sinergitas yang berjalan dengan baik tersebut dapat lebih ditingkatkan sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Mewujudkan transportasi yang berkeselamatan, aman, nyaman bagi masyarakat Sumatera Barat khususnya dan Indonesia umumnya” tuturnya.

“Pengoperasian KMP Tanjung Burang ini melayani trayek Padang Mentawai, besar harapan kami kapal ini nantinya dapat juga melayani penyeberangan antar pulau yang ada di Kepulauan Mentawai,” tutup Mahyeldi.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »