PILIHAN REDAKSI

Buron Sejak 2023, Pelaku Curanmor di Payakumbuh Ditangkap di Agam

INFO|Payakumbuh - Tim Buser Sat Reskrim Polres Payakumbuh berhasil meringkus tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor di Payakumbuh, s...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Polres Mentawai Pusatkan 29 Titik Lokasi Pengamanan Ops Ketupat Singgalang 2024



INFO|MENTAWAI – Dalam rangka persiapan pengamanan hari raya idul fitri 1445 H Tahun 2024, Polres Mentawai adakan Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral bertempat di Aula Mako Polres Mentawai, Senin (1/4/2024).


Kapolres Mentawai, AKBP Rory Ratno A.,S.E.,M.M.,M.Tr.Opsla menuturkan, rapat koordinasi yang di laksanakan ini merupakan rangkaian awal kesiapan pelaksanaan operasi kepolisian kendali pusat dalam rangka mengamankan aktivitas masyarakat.

“Persiapan pengamanan ini menjelang pada saat dan setelah perayaan idul fitri 1445 H tahun 2024 yang di beri sandi operasi ketupat singgalang 2024” sebut Kapolres dalam sambutannya.

Dia menyebut, momen lebaran tentu tidak dapat berlangsung secara optimal, lancar dan sukses tanpa ada sinergitas atau kerjasama dan kebersamaan seluruh lembaga serta instansi dan stakeholder terkait.

Semuanya itu demi terciptanya rasa aman, nyaman guna mengantisipasi seluruh potensi gangguan yang dapat muncul menjadi gangguan kamtibmas, ujarnya.

Lebih lanjut, Kapolres memaparkan, berdasarkan hasil analisa dan evaluasi pelaksanaan ops ketupat singgalang tahun sebelumnya bahwa angka kriminalitas tidak ada terjadi kasus.

Laka lantas tidak ada terjadi kasus pada H-3 dan H+3, sedangkan pelanggaran lantas tilang manual terjadi penurunan sebesar 50 persen. Tahun 2022 sebanyak 4 Gar dan 2023 sebanyak 2 Gar lantas.

Terkait dengan kemacetan terjadi pada beberapa titik dan faktor penyebab kemacetan tersebut di sebabkan badan jalan yang menyempit, parkir pada badan jalan dan antrian SPBU.

Menurut Kapolres, peningkatan aktivitas masyarakat di momen penting seperti perayaan hari besar keagamaan dan libur nasional di prediksi menjadi potensi kerawanan serta hal ini menjadi atensi kepolisian.

Dalam menghadapi perayaan idul fitri ada yang menjadi perhatian untuk di antisipasi yaitu aksi terorisme yang masih atau menjadi salah satu kerawanan yang dapat terjadi kapan saja dan dimana saja serta dapat menyerang siapa saja terutama di tempat ibadah dan pusat keramaian.

Terkait gangguan kamtibmas yang timbul dari akumulasi masalah kompleks yang besar dari aspek kehidupan masyarakat itu antara lain aspek sosial, budaya, agama, ekonomi, politik dan lain-lainnya. 

Dalam menyongsong perayaan idul fitri di mentawai di pastikan stok BBM mencukupi, pelayanan kesehatan, transportasi massa hingga ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat, pengelolaan tempat wisata, penginapan serta kesiapan tanggap darurat dalam menghadapi gangguan bencana alam.

Kapolres menyampaikan, operasi kepolisian terpusat dengan sandi Ketupat Singgalang 2024 akan dilaksanakan selama 13 (tiga belas) hari mulai tanggal 04 s/d 16 April 2024 dengan melibatkan personil TNI, dan instansi terkait yang bersifat terbuka.

Dalam pelaksanaan tugas mengedepankan satgas preemtif, preventif, kamseltibcar lantas, lidik, sidik dan bantuan operasi yang bertujuan menjamin keamanan dan ketertiban, sehingga perayaan idul fitri dapat berjalan aman dan lancar.

Dikatakan, ops ketupat singgalang tahun 2024 ini melibatkan personel dan sarpras polri sebanyak 75 orang yang di dukung personel TNI, Instansi atau lembaga terkait sebanyak 46 orang.

Untuk lokasi atau objek pengamanan di pusatkan pada 29 lokasi yang terdiri dari 11 lokasi sholat ied lapangan atau masjid, 5 pelabuhan, bandar udara, 5 lokasi pasar/pusat perbelanjaan dan 7 lokasi wisata.

Sementara pos yang di siapkan dalam rangka ops ketupat singgalang ini berjumlah 5 lokasi terdiri dari 4 lokasi pos PAM, 1 lokasi Pos Yan dan lokasi terpadu.

Semoga persiapan dan pelaksanaan ops ketupat singgalang tahun 2024 di bumi sikerei senantiasa di berikan perlindungan dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara” tutupnya mengakhiri, (Ers).

Editor : Tim Redaksi

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »