PILIHAN REDAKSI

Aksi Peduli Wartawan Sijunjung Lakukan Penggalangan Dana Untuk Korban Terdampak Bencana di Sumbar

Aksi peduli wartawan Sijunjung lakukan penggalangan dana untuk korban  bencana galodo dan lahar dingin merapi serta banjir di Sumatera Barat...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Sekolah Calon Pengusaha di Resmikan, PJ Bupati Mentawai Harapkan Lahir Generasi Kompetensi Handal



INFO|MENTAWAI - Dengan luasnya Kabupaten Kepulauan Mentawai yang sangat cukup luas termasuk potensinya juga cukup besar untuk bisa dikembangkan dengan baik.


Berbicara indikator makro melihat dari angka pengangguran 1,34 dan angka ini sangat rendah di bandingkan dengan provinsi maupun nasional, dimana angkanya 5 koma sekian.


"Kalau kita melihat lama usia sekolah, mentawai tahun ke tahun angka lama pendidikan mengalami peningkatan di angka 7,7" sebut PJ Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak pada kegiatan peresmian Sekolah Calon Pengusaha di SMAK Cahaya Logos Mentawai, Matorobibit, Desa Goiso'oinan, Kecamatan Sipora Utara, Kepulauan Mentawai, Selasa (12/3/2024).


Dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Mentawai mengalami peningkatan di angka 60 sekian dan nasional 70 sekian. Dengan potensi angka yang di sampaikan bahwa tingkat kemiskinan masih tinggi di angka 13,72, stunting juga tinggi.


Pengeluaran perkapita juga rendah, kalau Nasional 11 juta pertahun, maka di Mentawai 6 juta pertahun dan ekonomi ekstrem rata-rata 580 ribu perbulan. Ini merupakan angka kontradiktif.


Nah, fenomena ini terjadi karena tidak punya daya saing, meskipun sudah bekerja sedemikian rupa, namun produk yang di hasilkan tidak memiliki daya saing.


Hal ini terjadi bisa saja di sistem beban logistik dan transportasi, kualitas, pemanfaatan teknologi, sehingga harga pokok produksi yang di keluarkan belum efisien, cukup mahal dan tidak aktifnya yang di pasarkan.


Terkait kesejahteraan bagi pengajar yang di sampaikan Kankemenag Mentawai, PJ Bupati katakan mudah-mudahan tunjangan khusus ini dapat terakomodir melalui Bimas kemenag dengan perjuangan bersama, sebutnya.


Lanjut di katakan, PJ Bupati Mentawai yang terpenting dengan adanya sekolah calon pengusaha ini di bumi Sikerei menghasilkan putra-putri Mentawai yang mempunyai kompetensi handal, punyak akhlak dan attitude yang baik.


"Adanya lulusan dari SMAK cahaya logos ini nantinya di harapkan bisa mengisi dan memanfaatkan potensi-potensi yang ada di kepulauan Mentawai untuk di kembangkan" tuturnya.


Peresmian gedung sekolah calon pengusaha SMAK cahaya logos ini di hadiri Rektor UNP Padang, Dandim 0319/Mentawai, Kapolres Mentawai, Kankemenag Mentawai, Para Asisten, Kepala OPD dan para pelajar, ( Ers).


Editor : Tim Redaksi

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »