PILIHAN REDAKSI

Jalin Silahturahmi, Babinsa Serda Muskhandar Komsos Dengan Pedagang Bakso

INFO|MENTAWAI - Komunikasi Sosial (Komsos) yang biasa di lakukan aparat teritorial sudah menjadi hal bisa di tengah masyarakat, pasalnya se...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Pemkab Mentawai Terima Bantuan Dana 150 Juta dan Peralatan Logistik Dari BNPB



INFO|MENTAWAI - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berikan bantuan penangganan banjir dan longsor berupa bantuan logistik dan peralatan serta Dana Operasional Penanganan (DSP) sebesar 150 juta kepada Pemerintahan Kepulauan Mentawai.


Bantuan yang di serahkan Kepala BNPB dan Sestama BNPB ini di terima langsung PJ Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak di dampingi Kalaksa BPBD Mentawai, Novriadi usai kegiatan Rapat Koordinasi dan evaluasi penanganan banjir dan longsor di Sumatera Barat bertempat di Auditorium Gubernuran Sumbar, Senin (11/3/2024).


Adapun bantuan yang diterima Pemkab Mentawai dana siap pakai dari BNPB berupa paket sembako 400 paket, Hyginr kit 400 paket, Makanan siap saji 400 paket, Biskuit Protein 400 paket, Matras 400 pcs, Selimut 400 Pcs, Pompa Alkon 10 unit, Tenda pengungsi 2 set, Tenda Keluarga 300 unit, Perahu karet dan Mesin 2 unit, Penjernih air portabel 20 unit, Sabun Cair 2016 Pcs, Chain Saw 5 unit dan Velbed 100 unit.


Kemudian dana siap pakai sebesar Rp. 150 juta sebagai Dukungan Operasional Penanganan (DSP) darurat bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai provinsi Sumatera Barat.


"Bantuan dana siap pakai ini merupakan dukungan logistik dan peralatan penanganan darurat bencana banjir dan longsor" sebut PJ Bupati Mentawai melalui Kalaksa BPBD Mentawai, Novriadi.


Dia menjelaskan, bencana banjir dan longsor yang terjadi sejak minggu ke-empat pada februari dan 7-8 maret di Kepulauan Mentawai akibat adanya anomali cuaca hidrometeorologi basah.


Untuk penanganan dampak bencana tersebut, Pemkab Mentawai telah menetapkan status tanggap darurat selama 14 hari (22 februari-6 maret 2024) dan telah di perpanjang sampai 14 hari ke depan (7-20 maret 2024).


"Hal ini di lakukan untuk memudahkan dalam penanganan dan pemberian bantuan kepada warga yang terdampak serta pemulihan infrastruktur vital" sebutnya.


Lanjut dia menyebut, pasca terjadi banjir dan longsor di Mentawai mendapat atensi dari BNPB dan memberikan dukungan dalam penanganan berupa bantuan logistik dan peralatan serta dukungan dana operasional penanganan sebesar Rp.150 juta dana siap pakai.


"Atas nama Pemkab Mentawai kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Barat dan Kepala BNPB atas perhatiannya dalam penanganan bencana di wilayah Sumbar, khususnya kepulauan Mentawai" tutupnya mengakhiri, (Ers).


Editor : Tim Redaksi

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »