PILIHAN REDAKSI

Bupati Benny Dwifa Buka Pelatihan Buat 30 Orang Pemandu Geowisata Kabupaten Sijunjung

  INFONUSANTARA.NET , Sijunjung -- Sebanyak 30 orang pemandu Geowisata se Kabupaten Sijunjung ikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Dina...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Admin Panwaslu Harus Perbanyak Update Informasi Kegiatan Kepada Publik



INFO|MENTAWAI Dalam organisasi, humas sangat berperan penting. Salah satunya, yakni membina dan menjaga hubungan baik dengan publik internal dan eksternal.


Hal ini agar tujuan organisasi bisa tercapai. Sementara hubungan baik dengan publik eksternal diperlukan untuk menciptakan citra (image) positif organisasi di mata publik.

Peran dalam konteks humas adalah bagaimana harapan publik terhadap apa yang seharusnya dilakukan humas sesuai kedudukan serta fungsinya.

“Jadi admin Panwascam itu harus mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik, serta mampu menjamin kepentingan publik” sebut Kordiv HP2H Bawaslu Mentawai, Nasrullah Siritoitet, S.Pd pada kegiatan Rakor pengelolaan Kehumasan, peliputan dan dokumentasi serta informasi publik pada pemilihan umum tahun 2024.

Dikatakan, peran humas dalam organisasi ialah sebagai teknisi komunikasi. Maksudnya, humas bertugas untuk menyediakan berbagai layanan teknis komunikasi yang dibutuhkan organisasi yang akan di informasikan kepada publik.

Nah, peran admin Panwascam harus lebih inten untuk update informasi terkait kegiatan yang di laksanakan dan menyampaikan informasi sebelum di tayangkan perlu di saring dulu, sehingga tidak terjadi problem.

“Prinsipnya peran kehumasan di lembaga pengawas itu memberikan edukasi dan pendidikan terkait informasi soal pengawasan pemilu kepada publik” ucapnya.

Dia menyebut, dikondisi era digital ini, media sosial menjadi salah satu alat yang sangat membantu humas dalam melaksanakan tugasnya, khususnya humas di lembaga pengawas pemilu.

Adanya teknologi digital yang semakin canggih, kata dia bisa dimanfaatkan humas untuk membentuk citra lembaga. Bentuk kegiatan yang dilakukan yakni membuat sebuah tayangan video profil yang mewakilkan gambaran profil lembaga pengawas pemilu dengan melibatkan unsur-unsur yang ada di dalamnya.

Kemudian diunggah pada platfrom beragam media sosial yang dimiliki. Sehingga, ketika masyarakat menonton video tersebut akan tertanam gambaran besar tentang apa saja mengenai lembaga pengawas pemilu sekaligus memberitakan kegiatan yang baik dimata masyarakat.

Setiap kegiatan yang dilakukan humas atau admin panwascam telah menjadi tanggung jawab untuk melakukan publikasi. Tujuannya adalah untuk membentuk citra baik lembaga kepada masyarakat, sehingga muncul rasa kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan lembaga pengawas pemilu, tutupnya.

Kegiatan RDK yang di selenggarakan itu di buka Ketua Bawaslu Mentawai, Perius Sabaggalet, S.Kom di dampingi Kordiv PP dan PS, Tulus Chandra Simanungkalit di hadiri staf Bawaslu Mentawai yang di ikuti anggota Panwaslu se-Kabupaten Mentawai, (Ers).

Editor : Tim Redaksi

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »