PILIHAN REDAKSI

17 Calon Panwaslu Kecamatan di Mentawai Ikuti Tes Wawancara

INFO|MENTAWAI - Sebanyak 17 orang anggota calon Pengawas pemilu Kecamatan ikuti tes wawancara untuk pemilihan umum kepala daerah 2024, sete...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

November 2023, Kawasan Wisata Mapadeggat Bakal di Ramaikan Peserta Kemah Bela Negara se-Sumbar



INFO|MENTAWAI Gerakan Pramuka 03 Daerah Sumatera Barat akan mengadakan kegiatan kemah bela negara, pelaksanaannya dipusatkan di kawasan wisata homestay Mapadeggat, Kecamatan Sipora Utara, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Kegiatan ini akan di selenggarakan dari tanggal 11 sampai 15 November 2023.


Untuk mematangkan kegiatan tersebut,  tim Kwarda 03 Sumbar di bawah pimpinan Waka Bidang Bela Negara, Kak Dwi Warman, SH, MH juga sebagai anggota DPRD Padang Pariaman yang di dampingi Iptu (purn) Januar mantan Kapolsek Sikakap selaku Andalan Bela negara di Kwarda Sumbar, Kak Tanjung, kak Oky, Kak Andes dan kak Raja telah melakukan peninjauan lokasi kegiatan.

Ketua Pelaksana selaku Andalan Bela Negara Kwarda Sumbar, Januar menyebut, kegiatan kemah bela negara ini akan di ikuti 19 Kota/Kabupaten Kwarcab se-Sumatera Barat, plus 3 dari Kwaran yang ada di Mentawai, seperti Sikakap, Pagai Utara Selatan, Sipora dan Siberut.

“Peserta yang akan ikut dalam kegiatan kemah bela negara ini berjumlah lebih kurang 600 orang” sebut Januar mantan Kapolsek Sikakap itu kepada media, Jumat (20/10/2023).

Rangkaian kegiatan kemah bela negara ini diadakan lomba PBB, cerdas cermat, Pionering, Bakti Sosial, Sehari bersama TNI, Peragaan membuat kuliner khas Mentawai, Antraksi pembuatan tato mentawai.

Selain itu juga ada kegiatan wisata bahari, hutan bakau, Karya Bhakti dan pembuatan tugu pertanda kemah bela negara pertama untuk Sumbar diadakan di Mentawai, ujarnya.

Diakuinya bahwa kegiatan kemah bela negara yang akan di adakan di kepulauan Mentawai ini mendapat sambutan dari seluruh cabang Pramuka yang ada di Sumbar, bahkan setiap cabang Pramuka banyak yang meminta kuotanya di tambah.

“Kita akan melihat situasi angkutan penyeberangan yang direncanakan keberangkatan menggunakan Kapal Perintis Sabuk Nusantara pada tanggal 10 dan 11 November 2023, peserta sudah sampai di tuapeijat, kalau memadai bisa kita tambah kuotanya, sebut Januar.

Kegiatan kemah bela negara ini, kata dia pertama di Provinsi Sumatera Barat yang di selenggarakan di kepulauan Mentawai. Untuk kegiatan awal akan di laksanakan pawai yang di ikuti seluruh kontingen se-Sumbar yang di mulai dari Kantor Bupati Mentawai sampai di lokasi wisata homestay Mapadeggat.

Untuk di ketahui kegiatan kemah bela negara ini akan di buka langsung Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joenaldy yang juga selaku Ka Kwarda Sumbar, bahkan akan di hadiri beberapa orang dari unsur pimpinan Kwarnas.

Tak hanya itu, kemah bela negara ini juga sangat di support PJ Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak, karena kegiatan ini bakal ramai nantinya di kawasan wisata homestay Mapadeggat salah satunya peserta Pramuka dari berbagai daerah di Sumbar, (Ers).

Editor : Tim Redaksi


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »