PILIHAN REDAKSI

Hakim Agung Prof Yulius di Lokasi Banjir Sumbar: Ajak Anak-anak Pengungsi Baca Al-Qur’an dan Bagi-bagi Alat Sholat

  Ketua Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung (TUN MA) Hakim Agung Prof. Yulius sambangi lokasi pengungsi banjir bandang atau 'galodo&#...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Hari Kotrasepsi Sedunia, Babinramil 03 Sipora Bersama Nakes Lakukan Pelayanan KB Setentak



INFO|MENTAWAI Hari Kontrasepsi Sedunia atau World Contraception Day di peringati setiap tanggal 26 September. Peringatan ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perencanaan keluarga dengan berbagai pilihan metode kontrasepsi yang ada.


Perencanaan keluarga merupakan salah satu poin penting yang harus kita perhatikan setelah menikah. Dengan perencanaan keluarga, maka pasangan bisa mengembangkan diri dan karier. 

Selain itu, kemampuan untuk merencanakan kehamilan juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan kebugaran bagi perempuan.

Peringati hari kontrasepsi sedunia, Babinsa Koramil 03/Sipora, Kodim 0319/Mentawai, Serka Robin Sianturi gandeng tim nakes melaksanakan kegiatan pekan pelayanan KB serentak di Puskesmas Sioban, Kecamatan Sipora Selatan, Kepulauan Mentawai, Sumbar.

“Pelaksanaan pekan pelayanan KB secara serentak ini di mulai dari tanggal 26 September sampai 4 Oktober 2023” sebut Serka Robin, Selasa (3/10/2023).

Dia menyebut, pekan pelayanan KB ini harus di ketahui masyarakat  jenis-jenis alat kontrasepsi. Peringatan kontrasepsi sedunia tahun 2023 ini mengusung tema  “Kekuatan Pilihan” yang menyoroti peran penting pilihan kontrasepsi dalam memungkinkan masyarakat mengambil kendali atas kesehatan reproduksi mereka.

Tema ini tidak hanya mencakup mengenai kontrasepsi saja, hal ini juga mendorong otonomi, memungkinkan pengambilan keputusan yang cerdas, dan memajukan upaya internasional dalam kesehatan reproduksi dan keluarga berencana.

Berikut jenis-jenis alat kotrasepsi, mengutip dari dppkdpppa.pontianak.go.id, kontrasepsi adalah alat yang digunakan untuk mencegah dan menunda kehamilan. Alat ini bekerja untuk menghambat pertemuan sel sperma dengan sel telur.

Selain itu, alat kontrasepsi juga bekerja untuk menghambat pematangan sel telur serta mencegah penularan penyakit menular seksual.

Terdapat berbagai jenis alat kontrasepsi yang memiliki cara kerja berbeda-beda. Beberapa diantaranya bekerja dengan mempengaruhi hormon, ada juga yang menghalangi secara fisik proses masuknya sperma ke vagina.

Mengenal Jenis-jenis alat kontrasepsi ada Kondom pria, Pil KB, KB Implan, Suntik KB, IUD, Kondom Wanita, Diafragma, Spermisida dan KB permanen, (Ers).

Editor : Tim Redaksi


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »