PILIHAN REDAKSI

Batalyon Wicaksana Laghawa Alumni Akpol 2002 Serahkan Bantuan Peduli Bencana

INFO|50 Kota - Beberapa hari yang lalu, Provinsi Sumatera Barat dirundung bencana banjir bandang (galodo) di sejumlah wilayah. Banjir banda...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

SDN 21 Teluk Nibung Akreditasi A, Tahun Ini Kedatangan Tim Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah

Para guru dan karyawan SDN 21 Teluk Nibung foto bersama dengan tim dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Senin (25/9/2023).


INFONUSANTARA.NET – Berdasarkan Permendikbud Nomor 59 Tahun 2012 (pasal 1 ayat 2) Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar nasional pendidikan. 


Tahun 2023 ini menjadi tahun penting bagi SDN 21 Teluk Nibung untuk melaksanakan akreditasi yang sudah tertunda tahun lalu.


Para guru dan karyawan sedari pukul 06.00 WIB sudah siap -siap menyambut para asesor yang akan melaksanakan visitasi akreditasi pada tanggal 25-26 September 2023. 


Semua berkas yang mencakup empat komponen penilaian akreditasi sudah disiapkan beberapa hari sebelumnya oleh para guru dan karyawan.


“Kami telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal untuk akreditasi ini, kami berharap perjuangan kami ini menghasilkan predikat nilai akreditasi yang unggul. Dan terimakasih kepada para asesor atas ilmu yang telah diberikan semoga menjadi perbaikan untuk kita semua kedepannya,” ungkap Kepala Sekolah SDN 21 Teluk Nibung ,Farida ,S.Pd, Senin (25/9/2023).


Rangkaian acara dimulai dari penyerahan surat tugas asesor dan penjelasan dari tim asesor yaitu Zeni Wandi dari Bukittinggi dan Iswandi dari Tanah Datar, mengenai teknis pelaksanaan visitasi akreditasi di SDN 21 Teluk Nibung. Dalam kesempatan tersebut tim asesor menjelaskan mengenai prosedur visitasi. 



Kami tim asesor bertugas untuk melakukan visitasi dalam empat komponen yang akan dinilai dalam akreditasi. Empat komponen tersebut berupa komponen mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, administrasi madrasarah,” jelas kedua asesor.


Tim asesor memulai tugasnya dengan mewawancarai tokoh masyarakat dan komite. Beberapa guru juga sudah bersiap untuk menjelaskan berkas-berkas komponen yang diperlukan asesor. Wali murid serta beberapa murid pun ikut diwawancarai guna menghimpun beberapa informasi dari beberapa sumber.


Proses pembelajaran dan observasi lingkungan juga tak lepas dari penilaian tim asesor, semua terhimpun dalam acara temu awal dan diakhiri oleh temu akhir yang dilengkapi dengan refleksi seluruh kegiatan visitasi akreditasi SDN 21 Teluk Nibung.


Sementara, Dr.Ernita,M.Pd, selaku Pengawas Madrasah Kecamatan Lubuk Begalung pada kesempatan itu menyampaikan, selaku pengawas  mendoakan semoga semua rangkaian akreditasi ini berjalan dengan lancar dan semoga SDN 21 Teluk Nibung yang notabene nya termasuk salah satu madrasah yang ada dibawah pengawasan kami mendapat nilai A.


Nilai Akreditasi A yang telah didapat SDN 21 Teluk Bayur tersebut merupakan hasil dari penilaian Tim Dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah pada tahun 2015 lalu. Untuk sekolah yang mendapat nilai Akreditasi A dilakukan penilaian sekali lima tahun. Dan dikarenakan kondisi pandemi Covid -19, maka baru tahun 2023 ini kembali dilaksanakan.


"Semoga kedepannya SDN 21 Teluk Nibung bisa terus mempertahankan nilai-nilai yang sudah bagus dan terus memperbaiki diri sesuai arahan asesor,” ungkap Dr.Ernita,M.Pd.(Amy)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »