PILIHAN REDAKSI

Buron Sejak 2023, Pelaku Curanmor di Payakumbuh Ditangkap di Agam

INFO|Payakumbuh - Tim Buser Sat Reskrim Polres Payakumbuh berhasil meringkus tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor di Payakumbuh, s...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Pengawasan Pemilu, Panwas di Tuntut Lakukan Pencegahan, Tapi Bukan Berarti Penindakan Ditiadakan


INFO|MENTAWAI - Implementasi peraturan bawaslu dan produk hukum non peraturan yang di terapkan kepada pengawas pemilu ini yang paling utama itu memahami regulasi Perbawaslu serta menguasai tahapan pemilu.


Panwascam yang mengikuti sosialisasi ini harus mampu menguasai regulasi Perbawaslu, karena tahapan pemilu kedepan semakin padat, bahkan akan di hadapi munculnya kerawanan.


Hal demikian di katakan Koordinator Divisi Hukum dan Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Mentawai (HP2H), Firdaus Risman Satoinong dalam kegiatan Sosialisasi dan Implementasi peraturan bawaslu dan produk hukum  non peraturan bawaslu di Bujai Griya Hotel Km 7 Tuapeijat, Rabu (5/4/2023).


Nah, persiapan menghadapi pemilu 2024 mendatang memang harus di mulai dari dini, sehingga panwas mampu nantinya menguasai regulasi perbawaslu, ketika ada terjadi persoalan.


Dia menyebut pada bulan April ada proses tahapan pencalonan, nah ketika implementasi Perbawaslu sudah di pahami, tentu proses pengawasan yang mereka lakukan tidak kaku.


"Ketika ada pelanggaran maupun yang tidak sesuai dengan prosedur yang mereka temukan nanti, mereka paham apa langkah yang harus di lakukan dengan berpedoman pada regulasi perbawaslu" tuturnya.


Dikatakan, sosialisasi implementasi peraturan bawaslu dan produk hukum non peraturan bawaslu ini, pihaknya mengupayakan semaksimal mungkin dalam memberikan pemahaman kepada pengawas pemilu, agar tugas yang di lakukan dapat berjalan dengan baik nantinya.


Penerapan yang di berikan kepada pengawas pemilu ini, kata dia yang paling utama itu melakukan pencegahan di tingkat kecamatan dengan melakukan koordinasi di sektor lintas agama, jajaran pemerintah Desa, Forkopimcam.


Dia menyebut, kolaborasi harus di lakukan pengawas pemilu, agar mereka paham terkait dengan kepemiluan yang bekerjasama dengan mitra-mitra kerja yang ada di wilayah mereka masing-masing.


"Dalam pengawasn pemilu, kita di Bawaslu di tuntut untuk melakukan pencegahan, guna meminimalisir agar tidak terjadi persoalan hebat" ucapnya.


Menurut dia selama tahapan penyelengaraan pemilu berlangsung tidak tertutup kemungkinan akan ada terjadi pelanggaran, tetapi bagaimana pengawas pemilu berupaya untuk melakukan pencegahan.


"Melalui sosialisasi implementasi pertauran bawaslu ini, kita berharap pengawas pemilu mengedepankan pencegahan, sehingga pemilu mendatang dapat berjalan dengan baik dan sukses.


Editor : Heri Suprianto


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »