PILIHAN REDAKSI

Yendri Bodra Dt. Parmato Alam Ambil Formulir Pendaftaran Bacawako Payakumbuh Lewat PKB

INFO|Payakumbuh - Yendri Bodra Dt. Parmato Alam mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota ke DPC Parta...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Tahun 2023, DPKP Mentawai Revitalisasi 10 Unit Uma di Desa Muntei



INFO|MENTAWAI - Dinas Perumahan Kawasan dan Permukiman (DPKP) Mentawai tahun 2023 akan melakukan revitalisasi 10 unit uma yang berada di Desa Muntei, Kecamatan Siberut Selatan.


"Revitalisasi uma di Desa Muntei ini dalam rangka mendukung desa wisata" sebut Kadis DPKP Mentawai, Zakirman di ruang kerjanya, Kamis (9/3/2023).


Untuk rehab uma ini, kata dia satu unitnya di anggarkan sebesar Rp. 25 juta. Jadi 10 unit  total seluruhnya 250 juta.


Menurut Zakirman rehab uma dengan anggaran 25 juta sebenarnya tidak cukup setidaknya sekitar 50 juta baru maksimal, namun di karenakan kondisi anggaran terbatas, ujarnya.


Terkait revitalisasi uma, soal datanya masih belum rampung, dimana saat turun ke lokasi hanya ada 6 unit uma, sementara dalam usulan itu ada sebanyak 10 unit.


Meski demikian, untuk altenatifnya nanti akan menyasar ke pemukiman warga yang masuk dalam kategori uma dan di jadikan lokasi wisata.


Konsep rehab uma ini, kata Zakirman di bangun MCKnya yang di lengkapi dengan fasilitas seperti tempat tidur, kelambu, penerangan dan air bersih.


"Untuk bagian depan uma akan di percantik dengan ornamen yang merupakan ciri khas budaya mentawai" sebutnya.


Nah, ketika pengunjung datang terlihat ciri khas uma mentawai dengan di hiasi ornamen ukiran, konsep ini sebagai salah satu penarik pengunjung untuk datang melihat uma di kawasan wisata.


"Intinya revitalisasi uma ini, bagaimana pengunjung tertarik untuk mengunjungi kwasan wisata baik lokal maupun mancanegara, bahkan mereka bisa nginap di uma, karena sudah di siapkan setiap uma ada satu kamar yang di lengkapi dengan fasilitas" tutupnya mengakhiri.


Editor : Heri Suprianto


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »