PILIHAN REDAKSI

Sharing Bersama Kadus, Babinramil 01 Sikabaluan Bahas Peningkatan Ekonomi Warga

INFO|MENTAWAI - Aktivitas pemberdayaan kepada masyarakat menjadi sebuah kegiatan rutinitas yang di lakukan aparat teritorial yang berada di...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Antisipasi Longsor dan Abrasi Pantai, Desa Goiso'oinan Bersama Babinsa Petakan Wilayah Rawan Bencana




INFO|MENTAWAI - Antisipasi terjadinya abrasi dan longsor di wilayah pemukiman masyarakat, Babinsa Koramil 03/Sipora bersama perangkat Desa Goiso'oinan lakukan pemetaan wilayah rawan bencana.


Pemetaan lokasi titik rawan bencana ini guna mengantisipasi terjadi bencana, maka dalam hal ini perlu respon cepat mencegah adanya ancaman bencana.


"Kita apresiasi langkah dan koordinasi Babinsa dalam mengantisipasi bencana yang akan menghadang pemukiman warga" ucap Kades Goiso'oinan Sion Marsutim Taileleu, Sabtu (25/2/2023).


Salah satu langkah yang harus di lakukan untuk mencegah terjadinya longsor dan abrasi dengan melakukan penghijauan dan penanaman magrove, imbuhnya.


Seperti di ketahui longsor yang terjadi beberapa pekan lalu di jalan raya Tuapeijat-Sioban mengakibatkan terjadinya lumpuh aktivitas akibat adanya terban jalan di km.17 Desa Goiso'oinan.


"Kejadian ini perlu menjadi perhatian kita bersama dalam menjamin keselamatan masyarakat yang beraktivitas di jalan raya tuapeijat -Sioban yang melewati jalan Desa Goiso'oinan ini" ucapnya.


Terkait dengan pantai goiso'oinan yng sekarang menjadi desa wisata yang sering dikunjungi warga sangat perlu penanaman magrove sebagai penahan abrasi.


Dalam pemetaan wilayah rawan bencana ini ada beberapa lokasi di Desa Goiso'oinan yang menjadi ancaman bencana seperti Dusun Kaliou, Dusun Goisooinan dan Pogari.


Babinsa Koramil 03/Sipora,Sertu Osten Sinaga menyebut pemetaan yang di lakukan bersama perangkat desa goiso'oinan ini sebagai bentuk kepedulian wilayah agar warga aman dari ancaman bencana.


"Salah satu antisipasi yang kita lakukan ini melakukan pemetaan wilayah rawan bencana dengan di lakukan penanaman seperti penghijauan dan penanaman magrove di pantai" ucapnya.


Desa Goisooinan ini terdiri dari 4 Dusun yang terletak di Pesisir Pantai, terdapat sungai yang mengelilingi 4 dusun tersebut  dan memiliki muara sampai kelaut.


Ketika terjadi pasang naik, maka air laut akan masuk sampai kepemukiman warga, maka antisipasi ini harus di lakukan penanaman magrove sebagai antisipasi.


"Mari kita peduli dengan lingkungan agar kita terhindar dari bencana dan penting kita menjaga alam" pungkasnya.


Editor : Heri Suprianto


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »