PILIHAN REDAKSI

Buruknya Jalan Payakumbuh-Lintau, Dump Truck Bermuatan Kayu Bakar Rebah Kuda

INFO|Limapuluh Kota - Rusak parahnya Jalan Payakumbuh-Lintau, berakibat buruk bagi Asnam yang sudah sepuh, istrinya dan satu orang cucunya....

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Komsos Dengan Aparatur Desa Sikabaluan, Babinsa Muskhandar Bahas Tumbuhan Menahun



INFO|MENTAWAI - Guna meningkatkan perekonomian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup diperlukan strategi untuk memberikan pemahaman kepada warga binaan, agar dapat memanfaatkan potensi yang ada.


Hal itu di lakukan Babinsa 01 Sikabaluan, Serda Muskhandar saat melakukan komunikasi sosial bersama aparatur Desa Muara Sikabaluan di hari pertama masuk kerja pasca perayaan tahun baru.


Komsos yang di lakukan Babinsa Muskhandar dengan aparatur desa setempat membahas tumbuhan menahun atau tanaman keras serta menjaga kelestarian lingkungan.


"Penting masyarakat memanfaatkan atau membudidayakan tanaman keras sebagai kebutuhan serta pendapatan keluarga" sebut Babinsa Muskhandar kepada media, Senin (2/1/2023).


Serda Muskhandar menjelaskan,  tanaman bertahun adalah tumbuhan yang dapat meneruskan kehidupannya setelah bereproduksi atau menyelesaikan siklus hidupnya dalam jangka waktu lebih dari pada dua tahun.


Untuk jenis tanaman keras yang dibudidayakan dan dapat diambil kayunya itu seperti kayu jati, pohon albasia, kayu cendana, sengon dan lainnya. Sedangakan tanaman keras yang bisa diambil buahnya seperti buah nangka, mangga, durian dan duku


Dikatakan, tanaman atau pohon keras di area perhutanan masyarakat dinilai penting dalam upaya menjaga ekosistem hutan, termasuk serapan air saat musim hujan tiba.


"Kita harus berupaya mengembalikan lagi fungsi lingkungan ini dengan cara melakukan penanaman pohon atau tanaman relatif keras," ucap Babinsa Muskhandar.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »