PILIHAN REDAKSI

Bupati Sijunjung Beserta Jajarannya Sambut Kunjungan Rombongan Dari Menko PMK Prof Dr Muhadjir

  Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, sambut kedatangan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), yang juga Ketua...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Tinjau Food Estate Hanpang di Dusun Pogari, Kasdim 0319 Mentawai Harapkan Produksi Sawah Meningkat

 


INFO|MENTAWAIUntuk menjaga ketahanan pangan (Hanpang), Kasdim 0319/Mentawai, Mayor Inf Achmad Husnil Nasution tinjau Food Estate Kodim 0319/Mentawai seluas 2 hektar di Dusun Pogari, Desa Goiso’oinan, Kecamatan Sipora Utara, Senin (19/9/2022).


Kegiatan peninjauan yang di lakukan itu, Kasdim di dampingi Pasiter Kodim 0319/Mentawai, Letda.Inf. James Sibarani dan Plh  Pasiops, Lettu Setianus langsung lakukan tanya jawab dengan Babinsa Koramil 03 Sioban dan Kelompok tani.

Dandim 0319/Mentawai, Letkol,Inf.Febi Adrianto S.E.M tr (Han) melalui Kasdim, Mayor.Inf Achmad Husnil Nasution menjelaskan, food estate ini merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan.

“Kita berharap pengembangan sawah seluas 2 hekar ini dapat memberikan hasil yang memuaskan untuk kebutuhan masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan di daerah” tuturnya.

Untuk lahan seluas 2 hektar tersebut, kata Kasdim saat ini sudah memasuki tahap perawatan, penyiangan dan penyemprotan agar hama yang berada di lokasi sawah tidak menganggu pertumbuhan padi.

Tak hanya itu kelompok tani juga melakukan pemupukan supaya padi dapat berkembang dengan baik, sebut salah satu anggota Babinsa Sertu Dendi saat tanya jawab dengan Kasdim di lokasi persawahan.

Dalam giat itu Dandim 0319/ Mentawai melalui Kasdim menyampaikan pesan kepada anggota Koramil 03 Sioban selaku aparat teritorial untuk selalu melakukan pembinaan, pendampingan kepada masyarakat terkhusus dalam pemberdayaan.

Tak hanya itu, Babinsa juga terus menggiatkan hanpang padi (Food Estate) guna membantu masyarakat agar ketahanan pangan di tengah masyarakat dapat terwujud dengan baik.

“Mari kita wujudkan hanpang agar sasaran konsep food estate ini dirasakan langsung masyarakat dengan meningkatkan pertanian di wilayah binaannya masing-masing” ucap Kasdim.

Dia menambahkan, dengan giat hanpang ini juga di harapkan terwujud masyarakat yang produktif di wilayah kabupaten kepulauan mentawai khususnya di Dusun Pogari,Desa Goiso’oinan.

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »