PILIHAN REDAKSI

Batalyon Wicaksana Laghawa Alumni Akpol 2002 Serahkan Bantuan Peduli Bencana

INFO|50 Kota - Beberapa hari yang lalu, Provinsi Sumatera Barat dirundung bencana banjir bandang (galodo) di sejumlah wilayah. Banjir banda...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS Terus Tergerus

 



INFONUSANTARA.NET -- Dua indikator kunci yang berperan aktif menentukan perekonomian republik ini, yakni belanja subsidi dan inflasi, Lantas apa dampak pelemahan mata uang lokal ini terhadap APBN?


Dikutip dari CNBC, nilai mata uang garuda pada pukul 13.50 WIB 28 September 2022 terjerembab pada level Rp15,137 per dollar AS, terendah dalam kurun waktu lebih dari dua tahun.


Kekhawatiran terhadap kesehatan APBN bukannya tanpa alasan, sebab semua perhitungan baik penerimaan maupun pendapatan menggunakan tolak ukur asumsi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.


Bahkan, Presiden Joko Widodo bulan lalu sudah meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk melakukan uji ketahanan atau stress test terhadap APBN jika kondisi ekonomi global tak kunjung membaik.


Sampai saat ini, belum ada hasil yang dirilis, namun belajar dari stress test APBN tahun 2018, dampak pelemahan rupiah terhadap APBN dapat diintip.


Pada stress test APBN 2018, analisis sensitivitas menunjukkan setiap rupiah melemah 100 poin dari asumsi makro, maka pendapatan negara bertambah Rp 3,8 triliun-Rp 5,1 triliun. Dari sisi belanja negara, anggaran belanja hanya bertambah Rp 2,2 triliun-Rp 3,4 triliun jika rupiah melemah 100 poin dari asumsi.


Sebanyak Rp 1,6 triliun-Rp 2,1 triliun berasal dari belanja pemerintah pusat (termasuk subsidi dan belanja utang) dan Rp 0,5 triliun-Rp 1,3 triliun dari belanja daerah. Plus, anggaran negara surplus Rp 1,7 triliun jika rupiah turun 100 poin.


Saat ini, asumsi rupiah terhadap dollar AS di APBN sebesar Rp13,350, jauh di bawah level hari ini Rp15,137. Namun perlu berhati-hati dalam membuat perbandingan karena perhitungan rupiah dihitung berdasarkan harga rata rata.


Mengacu hal ini, sepanjang semester I rerata realisasi rupiah pada APBN sebesar Rp14,446 per dollar AS, lebih lemah dari asumsi. Namun angka tersebut, dan bahkan pelemahan rupiah hari ini, masih dalam range asumsi outlook pemerintah yang amat lebar, yaitu Rp14.300 - Rp14.700.


Dengan kata lain, pelemahan rupiah sejauh ini masih dapat ditolerir oleh postur APBN yang sudah mengantisipasi pelemahan hingga level Rp14.700 per dollar AS. Pelemahan rupiah juga menguntungkan negara karena bila memakai parameter stress test 2018, akan ada winfall profit hingga Rp5 triliun.


Ini diperkuat oleh moncernya neraca perdagangan yang terus mempertahankan surplus ke 28 bulan. Adanya catatan surplus dagang, merefleksikan hadirnya aliran masuk dollar dari sektor riil ke dalam negeri atau Dana Hasil Ekspor (DHE), ditengah tren capital outflow di pasar keuangan.


Hal yang justru mengkhawatirkan dari pembengkakan subsidi BBM adalah tingkat konsumsi dan kenaikan harga minyak mentah dunia.


Dua indikator ini lebih berbahaya ketimbang pelemahan rupiah, setidaknya sekarang. Untuk konsumsi, pemerintah sudah menaikkan harga BBM bersubsidi, sekaligus membatasi pemakaian agar dampak terhadap belanja subsidi minimal. Sementara untuk kenaikan harga minyak mentah dunia, sudah terbukti membuat pemerintah kelimpungan pada realisasi APBN pada Juli.


Realisasi belanja subsidi sampai dengan akhir Juli 2022 mencapai Rp116,21 triliun atau sudah 40,97% dari pagu, melompat 16,73% dibandingkan tahun lalu. Realisasi belanja ini meliputi subsidi energi sebesar Rp88,72 triliun dan subsidi nonenergi sebesar Rp27,49 triliun.(*)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »