PILIHAN REDAKSI

Komsos Dengan Staf Camat, Babinramil 01 Sikabalauan Bahas Aktivitas dan Perekonomian Masyarakat

INFO|MENTAWAI - Kegiatan komunikasi sosial yang biasa di lakukan aparat teritorial di tengah masyarakat menjadi salah satu media komunikasi...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Marsanova Andesra : Pengukuhan Askot PSSI Payakumbuh di Nilai Lecehkan Asprov PSSI Sumbar

Exco PSSI Sumbar Yang Juga Anggota DPRD Limapuluh Kota, Marsanova Andesra 


INFO|Payakumbuh - Pengukuhan Askot PSSI Kota Payakumbuh periode 2022-2026 yang dilakukan WaliKota Payakumbuh, Riza Falepi di Aula Ngalau Indah Balai Kota Payakumbuh, Jumat(9/9) malam membuat berang Exco PSSI Sumbar, Marsanova Andesra.


Menurut pria yang juga sebagai Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota itu, apa yang dilakukan Askot PSSI Kota Payakumbuh itu melanggar etika dan melecehkan Asprov PSSI Sumbar selaku induk organisasi sepakbola Sumbar.


Untuk pengukuhan tersebut, Sekretaris Asprov PSSI Sumbar disebutnya telah jauh-jauh hari mengingatkan dan menyampaikan kepada Askot PSSI Payakumbuh terkait susunan acara dan seperti undangan yang akan disebar, tapi hal itu tidak diindahkan.


Alhasil, dalam undangan dan run down acara yang disebar tidak ditemukan adanya pengukuhan yang dilakukan Asprov PSSI Sumbar dan Asprov PSSI Sumbar juga tidak diberi kesempatan untuk memberikan sambutan pada kegiatan tersebut.


"Yang akan melantik dan membuat berita pelantikan adalah Asprov PSSI Sumbar, saya selaku Exco PSSI Sumbar ditunjuk karena ketua lagi di luar. Tapi karena dalam susunan acara tidak ada Asprov PSSI Sumbar, saya koordinasikan dengan kawan-kawan Exco PSSI Sumbar lain. Semua kesal, marah, ini pelecehan terhadap Asprov PSSI sumbar dan tidak benar," tegas pria yang akrab disapa Andes itu, Minggu (11/9/2022).


Lebih tegas dia menyebut bahwa proses pengukuhan tersebut tidak dapat diakui, namun begitu untuk Surat Keputusan (SK) kepengurusan memang sudah dikeluarkan karena ketua Askot PSSI Payakumbuh dipilih secara sah melalui Kongres yang dilaksanakan pada 6 Agustus 2022 lalu.


"SK memang telah dikeluarkan tapi karena ini adalah Askot PSSI kabupaten kota, harusnya yang melantik Asprov PSSI Sumbar. Ini menyalahi aturan etika dan  tidak bagus. Hal itu yang sangat kita sayangkan," terang dia.


Menurut dia, itu merupakan dampak negatif apabila Ketua Askot PSSI adalah bawahan dari kepala daerah, sehingga tidak dapat menjalankan roda organisasi sesuai etika yang benar.


"Ini akibatnya kalau ketua PSSI-nya adalah orang bawahan kepala daerah. Mereka ada penekanan dan ketakutan terhadap pimpinan," pungkasnya.


Askot PSSI Payakumbuh: Wali Kota Mengukuhkan Sesuai dengan Mandat Asprov PSSI Sumbar.


Sementara itu, Ketua Askot PSSI Payakumbuh, Diki Engla mengatakan bahwa pengukuhan yang dilakukan Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi merupakan mandat dari Asprov PSSI Sumbar.


Dia menyebut, bahwa untuk undangan pengukuhan itu telah disampaikan langsung kepada Asprov PSSI Sumbar. Tapi karena Ketua PSSI Sumbar sedang di luar maka dimandatkan kepada Exco PSSI Sumbar, Marsanova Andesra.


"Kebetulan Pak Marsanova Andesra ada acara, sehingga tidak bisa hadir dan kemudian sesuai dengan arahan dari Asprov PSSI Sumbar dimandatkan langsung ke wali kota atas nama Asprov PSSI Sumbar," pungkasnya.


Penulis : Ady Parker
Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »