PILIHAN REDAKSI

Pilkada Payakumbuh, Supardi Serahkan Berkas Balon Walikota ke Tiga Parpol

INFO|Payakumbuh - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi memperlihatkan keseriusannya untuk maju di pemilihan walikota - wakil walikota...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Bahas Rancangan Anggaran 2023, Desa Goiso'oinan Gelar Musdes



INFO|MENTAWAI - Musyawarah Desa atau yang lebih di kenal dengan sebutan Musdes ini merupakan proses musyawarah antara Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pemerintah Desa, dan unsur masyarakat.


Kegiatan ini diselenggarakan Badan Permusyawaratan Desa untuk menyepakati hal yang bersifat strategis yang dilaksanakan secara partisipatif, demokratis, transparan dan akuntabel dengan berdasarkan kepada hak dan kewajiban masyarakat.


Musyawarah Desa yang di laksanakan di Aula kantor Desa Goiso'oinan di buka Camat Sipora Utara Marsen di dampingi Kades Goiso'oinan, Ketua BPD, perangkat desa dan masyarakat, Jumat (9/9/2022).


Kepala Desa Goiso'oinan, Sion Marsutin Taileleu mengatakan, Musyawarah desa di laksanakan ini dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan desa tahun anggaran 2023.


Maka dalam hal ini sangat perlu di lakukan, guna mengetahui apa saja yang menjadi usulan masyarakat yang akan di usulkan pada anggaran tahun 2023.


Selain itu juga perlu di lakukan penataan desa, Perencanaan desa, Kerja sama desa, Rencana investasi yang masuk ke desa dan yang lain-lainnya.


Lebih lanjut, Sion menjelaskan, menjadi kewajiban masyarakat yang perlu di lakukan sebagai peserta musdes itu, menyampaikan aspirasi dan pandangan, mendorong terciptanya suasana partisipatif, demokratis, transparan dan akuntabel.


Selanjutnya melaksanakan nilai-nilai permusyawaratan, permufakatan proses kekeluargaan, dan kegotong-royongan dalam pengambilan keputusan perihal kebijakan publik.


Dikatakan, musdes terencana itu dipersiapkan badan permusyawaratan desa pada tahun anggaran sebelumnya, dimana kegiatan di lakukan memiliki rencana yang matang.


"Tahun 2022 ini, kegiatan musdes yang kita gelar guna mengusulkan rancangan anggaran tahun 2023" sebut Sion.


Untuk kegiatan tahun 2023, sebagai skala prioritas pihaknya fokus kepada pembangunan jalan ekonomi masyarakat, kemudian pemberian bantuan rumah ibadah gereja dan masjid.


"Ini menjadi fokus kita pada kegiatan tahun 2023, kita berharap musdes yang kita selenggarakan ini dalam rancangan anggaran dapat terakomodir dalam APBDesa 2023 nanti" tutupnya mengakhiri.

 

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »