PILIHAN REDAKSI

Buron Sejak 2023, Pelaku Curanmor di Payakumbuh Ditangkap di Agam

INFO|Payakumbuh - Tim Buser Sat Reskrim Polres Payakumbuh berhasil meringkus tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor di Payakumbuh, s...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Inovasi Babinsa Koramil 03 Sipora, Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Persawahan



INFO|MENTAWAI - Sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di wilayah teritorial Kodim 0319/Mentawai di harapkan seluruh babinsa yang ada mampu melakukan inovasi dalam memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan pertanian produktif.


Pemanfaatan lahan kosong menjadi produktif ini di sampaikan Dandim 0319/Mentawai, Letkol.Inf.Febi Adrianto, SE.M tr (Han) kepada seluruh jajaran koramil yang berada di empat pulau besar mentawai.


"Lahan kosong yang berada di setiap wilayah jajaran koramil di harapkan mampu berinovasi untuk pembuatan lahan produktif tanaman muda seperti Padi,Jagung dan Kedelai" sebut Dandim, Kamis (14/7/2022).


Tak hanya itu pemanfaatan lahan kosong jadi lahan pertanian akan memberikan dampak positif untuk membantu perekonomian masyarakat di setiap wilayah teritorial masing-masing koramil, ujarnya.


Dia mengatakan, pembuatan lahan produktif ini merupakan kebijakan langsung Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman guna mendorong jajaran TNI AD untuk menciptakan lahan kosong menjadi lahan pertanian yang produktif.


Kebijakan KSAD ini, kata Dandim guna meningkatkan produktivitas pangan sebagai langkah positif, dimana hasil panennya akan di berikan kepada warga binaannya.


Menyikapi kebijakan itu, Babinsa Koramil 03/Sipora, Sertu Osten Sinaga langsung turun lokasi untuk membuka lahan pertanian yang berada di Dusun Anduru, Desa Goiso'oinan, Kecamatan Sipora Utara.


"Lahan yang di kelola menjadi lahan pertanian ini miliknya Bapak Jasa Basri dengan luas lahan 2 Hektar yang akan di tanami padi dan lahannya ini bersedia untuk di gunakan kepentingan bersama, sebut Osten Sinaga.


Dia mengatakan lahan kosong yang akan di jadikan lahan pertanian ini. Untuk penanamannya dimulai 5 September 2022 dan panennya 10 september 2022.


Sementara untuk tahapan pengelolaan pertanian ini di lakukan perambahan lahan atau pembersihan, pembajakan sawah, pembuatan pematang sawah dan pembibitan.


Pembibitan ini akan kita lakukan 17 juli 2022 sebelum di lakukan penanaman. Semoga peningkatan han pangan di wilayah kepulauan mentawai ini memberikan dampak positif untuk sebagai pemulihan ekonomi, pungkasnya.

 

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »