PILIHAN REDAKSI

PAW Helmi Moesim dan Zalmadi Dijadwalkan 13 Mei 2024 Sesuai Hasil Rapat Bamus DPRD Kota Padang

Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani. INFONUSANTARA.NET -- Proses Pergantian Antar Waktu (PAW) dua orang anggota DPRD Kota Padang sudah dip...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Perwira Polisi Yang Mau Bertani Mendapat Penghargaan Khusus Dari Pemkab Limapuluh Kota



INFO|Limapuluh Kota - Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengungkapkan bahwa sikap adalah kunci bagi seorang petani untuk mencapai hasil terbaik dalam mengembangkan usaha pertaniannya.


Hal itu disampaikan Safaruddin saat membuka kegiatan Penguatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Kabupaten Limapuluh Kota di Tanjung Pati, Kamis (23/6/2022).


“Jika kita melakukan studi banding ke sentra-sentra pertanian yang berhasil, ternyata sikap sebagai kunci utama dalam mencapai keberhasilan tersebut. Sikap untuk mau belajar, sikap untuk mau bekerja keras dan sikap untuk mau berdisiplin,” katanya.


Diakuinya, untuk berhasil dalam sektor pertanian juga diperlukan pengetahuan dan keterampilan tapi dua hal itu tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh sikap yang baik atau yang kita kenal dengan attitude.


“Hari ini hadir di tengah-tengah kita Bapak Kompol Russirwan, pejabat di Polda Sumatera Barat yang juga pernah menjabat sebagai Wakapolres Limapuluh Kota yang menunjukkan kepada kita bahwa sikap dan kemauan beliau sehingga berhasil mengolah lahan tidur jadi lahan produktif kebun cabe, kacang panjang, terong, dan jagung,” terang dia.


Sebagai bentuk apresiasi atas kinerjanya dalam memajukan pertanian di daerah, Kompol Russirwan selaku Kasubagrenmin Rolog Polda Sumbar diganjar penghargaan karena dinilai jadi inspirasi bagi petani. Sikap dan kemauan untuk belajar, berusaha, dan berdisiplin diri yang telah ditunjukkannya harus ditiru oleh para petani dalam berusaha.


“Ayah (Kompol Russirwan) ini telah membuktikan bahwa siapa saja bisa berusaha dalam sektor pertanian jika mempunyai kemauan,” kata Safaruddin.


Dalam kegiatan Penguatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Kabupaten Limapuluh Kota itu memang dihadirkan langsung Kompol Russirwan untuk memotivasi para penyuluh yang hadir dari seluruh kecamatan di Luak Nan Bungsu itu.


Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Witra Porsewandi menjelaskan, Limapuluh Kota memiliki lahan tidur yang luasnya mencapai 40.000 hektare. Karena itu, di periode kepemimpinan Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan Nakasri ditargetkan untuk membuka lahan tidur itu seluas 20.000 H yang akan dimaksimalkan untuk budidaya jagung.


Untuk memotivasi para penyuluh pertanian di Limapuluh Kota, pihaknya sengaja menggelar kegiatan dengan menghadirkan perwira polisi inspiratif Kompol Russirwan.


“Ayah menunjukkan kalau sikap dalam bertani adalah hal utama karena pengetahuan dan keterampilan yang bagus tanpa sikap atau atitude yang positif tidak akan bisa tercapai hasil terbaik. Dengan sikap yang baik, pengetahuan dan keterampilan bisa dipelajari,” terangnya.

Penulis : Ady

Editor : Heri Suprianto





Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »