PILIHAN REDAKSI

Figur Muda, Wahyudi Thamrin di Gadangkan Maju Pilkada Limapuluh Kota

INFO|Payakumbuh - Tokoh masyarakat Wahyudi sekaligus politisi, aktivis Wahyudi Thamrin menyambut baik munculnya sejumlah figur muda dalam p...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Mengenang Tokoh Pejuang Pendidikan dan Kesenian, ISI Gelar Ranah Pas'Art Festival




INFO|Padang Panjang - Mengenang Syekh Adam BB, seorang tokoh pejuang pendidikan dan kesenian Kota Padang Panjang, mahasiswa pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang menggelar Ranah Pas’Art Festival, di Lapangan Kompi Markas Secata B, Kamis (23/6/2022).


Ranah Pas’Art Festival diisi dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, Drawing Fun Tokoh Adam BB yang diikuti sejumlah perwakilan pelajar SMP, Talk Show sejarah Adam BB, Pembacaan Puisi berjudul Syekh Adam BB Pandeka Gadang, dan Pemutaran Video historis Adam BB.


Selanjutnya, pertunjukan Tari Sapu Tangan karya anak Adam BB yang bernama Hoerijah Adam, pertunjukkan Tari Piring karya Hoerijah Adam, pertunjukkan musik perkusi, komposisi musik serta Saluang Dendang.


Wali Kota diwakili Sekdako Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si saat membuka kegiatan yang disertai mengheningkan cipta ini, menyampaikan apresiasi lantaran merupakan sebuah partisipasi membangun kekuatan seni di Kota Padang Panjang.


"Terimakasih kepada para seniman, mahasiswa seni, dan penikmat seni yang terlibat pada kegiatan Ranah Pas’Art ini dengan tema mengenang pejuang pendidikan dan kesenian Kota Padang Panjang Syekh Adam BB," ujarnya.


Dikatakannya, Adam BB merupakan pahlawan  bidang pendidikan dan kesenian di Kota Padang Panjang. Di samping itu Adam BB menjadi perintis Madrasyah Irsyadin Naas (MIN) yang dimulai dengan halaqah sederhana di Surau Pasar Baru, kemudian menjadi cikal bakal Masjid Raya Jihad.


Keluarga Adam BB, lanjut Sekdako Sonny, juga memiliki peran penting dalam perkembangan seni. Direalisasikan lewat kiprah keempat anaknya, Boestanul Arifin Adam, Irsjad Adam, Akhyar Adam, dan Hoerijah Adam.


Sonny berharap ke depan Ranah Pas’Art Festival bisa dikemas lebih baik lagi, menjadi event pagelaran seni tahunan. 


"Ranah Pas’Art Festival diharapkan dapat memberikan dampak positif pada para pelaku seni dan masyarakat. Masyarakat dapat menjadikan  sejarah Adam BB dan keluarga sebagai panutan mengembangkan dan memajukan pendidikan," sebutnya.


Pimpinan Produksi Ranah Pas’Art Festival, Jumaidil Firdaus, S.Sn mengatakan, kegiatan tersebut merupakan langkah awal dari Ranah Pas’Art untuk Syekh Adam BB. 


"Kami memiliki keinginan membangun monumen mengenang Syekh Adam BB. Kami sadar hal itu memerlukan persiapan yang matang dan panjang. Namun, memulai itikad baik ini, malam nanti kami akan me-launching rancangan desain monumen mengenang Adam BB yang kami tawarkan," ujarnya.


Direktur Pascasarjana ISI diwakil Kepala Prodi Penciptaan dan Pengkajian Seni, Dr. Syahrul, M.Si menuturkan, kegiatan tersebut merupakan wujud tanggung jawab keilmuan terutama dalam pengembangan kebudayaan di Kota Padang Panjang. 


Lebih lanjut, Dosen Pengampu Manajemen Seni Pascasarjana, Dr. Rasmaida, M.Sn mengucapkan terima kasih atas support berbagai pihak hingga terwujudnya acara ini. Tampak hadir, jajaran pejabat Pemko dan undangan lainnya. 



Penulis : Indah,kmf

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »