PILIHAN REDAKSI

Yendri Bodra Dt. Parmato Alam Ambil Formulir Pendaftaran Bacawako Payakumbuh Lewat PKB

INFO|Payakumbuh - Yendri Bodra Dt. Parmato Alam mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota ke DPC Parta...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Pentingya Sosialisasi Bahaya Napza dan Kekerasan Seksual di Kalangan Generasi Muda



INFO|MENTAWAIDampak terburuk dari penggunaan napza adalah kecanduan bahkan kehilangan nyawa. Semua pengguna obat-obatan terlarang harus mendapat penanganan serius.


Semakin dini penanganan rehabilitasi narkoba, makin lebih cepat pulih para penggunanya. Hasil coba-coba napza akan berakibat buruk bagi kesehatan fisik dan sosial. Selain itu, pandangan masyarakat kepada pengguna narkoba semakin memperburuk mental.

Untuk mencegah hal itu, Polsek Sikakap bersama Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Mentawai melaksanakan sosialisasi bahaya napza dan kekerasan seksual terhadap anak di SMPN 1 Pus dan SMP GKPM Nemnemleleu, Kecamatan Sikakap, Rabu (15/6/2022).

Kegiatan sosialisasi itu di hadiri langsung, Kapolsek sikakap, Iptu. Yanuar, Wakil ketua P2TP2A Kepulauan mentawai, Nikanor Saguruk, Camat Sikakap, Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas sikakap.

Kapolsek Sikakap, Iptu.Yanuar menyebut, penyalahgunaan napza akan memberi efek negatif, karena bisa menimbulkan gangguan perilaku dan mental. Ini menyebabkan sistem neurotransmitter di saraf pusat jadi bermasalah.

Terjadinya gangguan pada Neoro Transmitter ini akan menimbulkan gangguan alam pikiran, perasaan, emosi, perilaku dan aspek sosial. Sehingga pengguna napza akan mengalami halusinasi dan perubahan emosi secara tiba-tiba.

Pengguna obat terlarang akan menambah dosis penggunaan jika semakin lama mengkonsumsi napza. Ini tujuannya untuk mempercepat efek rileks yang diberikan oleh zat terlarang.

Pengguna napza akan bersikap pasif karena sistem saraf obat diputus secara perlahan. Semakin sering mengonsumsi napza akan membuat pengguna semakin ketergantungan, sehingga organ tubuh akan semakin melemah dan rusak.

Apabila sudah melebihi tekanan penggunaan normal, pengguna napza akan mengalami overdosis yang mengakibatkan kematian. Kehilangan nyawa akibat napza adalah kematian yang sia-sia.

Maka dari itu, bahaya narkoba harus benar-benar dihindari oleh siapapun. Tidak hanya merugikan diri sendiri, namun juga orang lain yang ada di sekitar. Efek jangka pendek dan  panjangnya membuat orang lain dirugikan

Sementara Ketua P2TP2A Mentawai, Nikanor Saguruk menyampaikan, terkait dengan kekerasan seksual  terhadap anak dan perempuan yang sering terjadi di wilayah mentawai perlu peran semua masyarakat untuk berpartisipasi aktif menjaga keamanan dan menciptakan kenyamanan di daerahnya masing-masing.

“Sosialisasi yang di lakukan ini di harapkan pemberdayaan perempuan setiap daerah menjangkau hingga ke daerah terpencil, agar kekerasan seksual dapat di cegah” ucapnya.

Dikatakan, sosialisasi agar lebih efektif di harapkan juga peran semua masyarakat, baik tokoh agama, LSM, Ormas, Tokoh Adat dan lembaga lainnya, guna meminimalisir terjadinya kekerasan seksual terhadap anak dan perempuan.

Selain itu dia juga menyampaikan, hukuman berat bagi pelaku kekerasan seksual terhadap anak sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak.

“Mari kita menjaga anak-anak kita dari cengkraman para predator yang masih berkeliaran di sekitar kita dan sebelum terjadi segera lapor kepada petugas” pungkasnya.

Editor : Heri Suprianto


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »