PILIHAN REDAKSI

Pilkada Payakumbuh, Supardi Serahkan Berkas Balon Walikota ke Tiga Parpol

INFO|Payakumbuh - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi memperlihatkan keseriusannya untuk maju di pemilihan walikota - wakil walikota...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Posyandu Harapan Bersama Dusun Karoniet Berikan Pelayanan Rutin Tiap Bulan Bagi Ibu dan Anak




INFO|MENTAWAI - Peran posyandu di tengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya tidak hanya sebatas itu. 


Program posyandu sejatinya juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan pasangan usia subur termasuk bagi lanjut usia.


Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. 


"Tujuan utama posyandu ini mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat" sebut Hernawati salah satu kader posyandu Harapan Bersama, Dusun Karoniet, Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara, Selasa (10/5/2022).


Dia menyebut, pelaksanaan posyandu ini, melalui para kader serta petugas nakes terus berupaya untuk menyediakan layanan yang dibutuhkan masyarakat, seperti perbaikan gizi dan kesehatan.


Selain itu pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, hingga ketahanan pangan dan kesejahteraan sosial, ujarnya.


"Kegiatan posyandu ini rutin kita gelar setiap bulan. Pelaksanaannya di awal bulan setiap tanggal 10, sedangkan untuk lansia di lakukan pertengahan bulan pada tanggal 20" kata Hernawati.


Dia menjelaskan, salah satu program utama posyandu adalah menyelenggarakan pemeriksaan bayi dan balita secara rutin. Hal ini penting dilakukan untuk memantau tumbuh kembang anak dan mendeteksi gangguan tumbuh kembang anak sejak dini.


Untuk segi pelayanan di berikan kepada balita mencakup penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala anak, evaluasi tumbuh kembang, serta penyuluhan dan konseling tumbuh kembang.


"Hasil pemeriksaan dicatat di dalam buku KIA (kesehatan ibu dan anak) atau KMS (kartu menuju sehat)" tuturnya.


Posyandu harapan bersama Dusun Karoniet ini, kata dia anggaran kegiatannya melalui dana Desa Tuapeijat dengan jumlah kader terdiri dari 5 kader posyandu 2 petugas kesehatan, ujarnnya.


Kegiatan posyandu bisa diperoleh tanpa mengeluarkan biaya dan bisa semakin dirasakan jika di ikuti secara rutin, sehingga sangat meringankan beban ekonomi masyarakat. Selain itu, posyandu juga sangat penting untuk diikuti karena memiliki banyak manfaat.



Editor : Heri Surpianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »