PILIHAN REDAKSI

Ketua Dekranasda Kab Sijunjung Nadia Fitri Benny Dwifa Ikut Hadiri Syukuran ke 44 dan Pembukaan Exspo Pemeran Dekranas 2024 Di Solo

  INFONUSANTARA.NET, SOLO - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat, Nedia Fitri Be...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

LAKE Padang Panjang Masuk Urutan 33 Tingkat Nasional dan Terbaik se-Sumatera Barat




INFO|Padng Panjang - Berdasarkan hasil  Laporan Audit Kearsipan Eksternal (LAKE) 2021 yang dilaksanakan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada hasil pengawasan kearsipan pada pemerintah kabupaten/kota 2021 menempatkan Kota Padang Panjang berada di urutan 33 nasional dengan kategori B (baik) dari 508 kabupaten/kota se-Indonesia.


Sementara untuk kabupaten/kota se-Sumatera Barat, Kota Padang Panjang berada di urutan pertama. Disusul Kabupaten Padang Pariaman yang berada di urutan 43 nasional dan Kota Bukittinggi yang berada di urutan 72 nasional.


Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Yan Kas Bari, SE menyebutkan, hasil LAKE ini diumumkan pada Rapat Koordinasi Pengawasan Kearsipan yang dilaksanakan secara virtual belum lama ini.


Dijelaskannya, ANRI telah menyelenggarakan pengawasan kearsipan terhadap kementerian dan lembaga tingkat pusat dan  pemerintah provinsi yang dilaksanakan oleh Pusat Akreditasi Kearsipan. Serta pemerintah provinsi melaksanakan pengawasan kearsipan terhadap pemerintah kabupaten/kota yang dilaksanakan oleh Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi.


"Nilai hasil pengawasan kearsipan dilaksanakan pemerintah provinsi yang  diverifikasi ANRI," sebutnya kepada awak media, Junat (25/2/2022).


Dijelaskannya lagi, program penyelenggaraan pengawasan kearsipan ini melalui program audit kearsipan yang meliputi tahap kegiatan perencanaan, audit, penilaian hasil audit, dan monitoring hasil audit. 


"Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi. Kita berharap, dengan pencapaian ini menambah motivasi untuk mengelola arsip Pemko Padang Panjang  lebih baik lagi agar terselamatkannya bukti akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan serta menjaga memori kolektif bangsa di lingkungan Pemko Padang Panjang," harapnya.


Sementara itu, Kepala Bidang Kearsipan DPK, Elfina Yeni, S.Pd berharap, ke depannya  seluruh OPD di lingkungan pemerintah Kota Padang Panjang lebih memperhatikan penataan arsip yg dimulai dari penciptaan, pemberkasan, penyimpanan sampai kepada penyusutan arsip. Karena akan berpengaruh kepada akuntabilitas kinerja Pemerintah Kota Padang Panjang.


"Untuk penghargaan ini, nanti akan ada acara penyerahan secara resmi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. " tuturnya. (Indah,kmf).




Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »