PILIHAN REDAKSI

Lantik 598 PPPK Formasi 2023, PJ Bupati Mentawai : Maksimalkan Pelayanan Kepada Masyarakat

INFO|MENTAWAI - Sebanyak 598 Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) jabatan fungsional guru dan kesehatan formasi 2023 resmi di ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Babinsa Sikakap Edukasi Warga Manfaatkan Lahan Tidur Jadi Lahan Pertanian



INFO|SIKAKAPBabinsa Koramil 04/Sikakap, Kodim 0139/Mentawai, Serda Havid edukasi warga dengan  memberikan penjelasan cara mengelola tanaman di lahan kosong atau lahan tidur.


“Banyak tanaman yang bisa kita tanam untuk meningkatkan hasil perekonomian dan semua bisa di tanam di pekarangan rumah maupun di lokasi lahan perkebunan” sebut Serda Havid saat menyambangi Rumah salah satu Warga Binaannya, Novriadi di Dusun Mabolak, Senin (3/1/3022). 

Dia menyebut, gerakan edukasi kepada warga binaan ini sebagai bagian dari antisipasi melonjaknya harga kebutuhan seperti sayur-sayuran dan lainnya di pasar

“Dengan memanfaatkan lahan kosong di tanami dengan tanaman muda, setidaknya membantu mengurangi beban kebutuhan, selain meningkatkan perekonomian keluarga” terangnya.

Sebenarnya, kata Serda Havid banyak cara untuk meningkatkan perekonomian, salah satunya memanfaatkan lahan tidur dengan cara menanam berbagai macam varian tanaman yang dapat di pasarkan.

Sementara Danramil 04/Sikakap, Kapten.inf.Putra Irawan Damanik mengatakan, pemberian edukasi yang di lakukan babinsa ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat untuk meningkatkan ekonomi dimasa sulit.

Dalam kegiatan sambang dengan warga yang di lakukan babinsa, sebut Putra babinsa memberikan penjelasan cara mengelola tanaman baru di areal tanah kosong, guna menambah inkam masyarakat, tuturnya.

Kemudian lanjut dia agar tanaman yang di tanam di areal lahan kosong harus memilih bibit tanaman yang bagus, dimana sebelum di lakukan penanaman sudah di siapkan terlebih dahulu bibitnya, supaya hasilnya bisa lebih maksimal.

“Intinya pemberdayaan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sangat penting di lakukan, apalagi dimasa pandemi yang saat ini belum berakhir” ujarnya.

Edukasi cara mengelola lahan tidur menjadi lahan pertanian ini di harapkan dapat meningkatkan hasil ekonomi masyarakat serta menjadi mandiri, tutupnya.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »