PILIHAN REDAKSI

Gubernur Sumbar Keluarkan Surat PAW Dirinya,Helmi Moesim Pertanyakan Proses Hukum Sedang Berjalan, Saya Akan Lakukan Gugatan

Helmi Moesim menjelaskan terkait dikeluarkan surat PAW dirinya oleh Gubernur Sumbar dalam jumpa pers.Minggu (28/4/2024) INFONUSANTARA.NET --...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Agar Memiliki Kualitas Bagus, Anggota Koramil Sikakap Edukasi Warga Betumonga Cara Pengolahan Kopra



INFO|SIKAKAPSelain mempererat silahturahmi dengan warga, Personel Koramil 04/Sikakap, Kodim 0319/Mentawai berikan edukasi dan inovasi cara pengolahan buah kelapa atau kopra agar memilki kualitas yang bermutu.


Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, anggota Koramil berinisiatif mendatangi salah satu warga binaannya yang kesehariannya merupakan petani kopra di Desa Betumonga, Kecamatan Pagai Utara.

Pada kesempatan tersebut, di lokasi pengolahan kopra, anggota berinteraktif dengan petani kopra sekaligus melakukan peninjauan bagaimana cara pengolahan kopra yang baik.

“Ini di lakukan agar warga yang memiliki lahan kelapa ketika tiba waktu panen betul-betul mengetahui cara pengolahan kelapa mulai dari pengambilan buah, pengupasan sabut kelapa hingga pengasapan, sehingga kopra yang dimasak memiliki kualitas bagus” ucap Danramil 04/Sikakap, Kapten.Inf.Putra Irawan Damanik, Sabtu (15/1/2022).

Dimana hasil dari pengolahan kelapa ini nantinya dapat di jual kepada pengepul, tentu, kalau kopra berkualitas harganya juga berbeda dengan kopra yang biasa, sehingga terjadi peningkatan ekonomi di tengah masyarakat.

Untuk buah kelapa sangat banyak di daerah binaannya dikarenakan struktur geografi di kepulauan mentawai yang subur seperti di Desa Betumonga, sehingga warga banyak memilih menjadi petani kopra untuk menambah penghasilan, bahkan menjadi salah satu mata pencarian.

Tak hanya itu, usaha kopra yang di lakukan warga tersebut sudah lama berlangsung dan hasil kebun yang ada selain kopra juga ada berbagai jenis tanaman untuk memenuhi kebutuhan.

Dalam pengolahan kelapa yang akan di jual, petani kopra harus melihat kelapa yang di panen, pada umunya yang sudah tua, sehingga kelapa yang di jadikan kopra tersebut memiliki santan yang lebih banyak dan kualitasnya juga harus di jaga, agar saat menjual ke pengepul memiliki harga ekonomis.

Seperti di ketahui di mentawai sebelumnya pengolahan kelapa jadi kopra ini lebih banyak warga melakukan dengan cara pengasapan, namun dengan permintaan pasar, saat ini warga sudah melakukan proses pengolahan kopra putih dengan cara memasaknya menyiapkan pondok yang di tutupi dengan plastik khusus lalu di jemur.

Nah, hasil kopra putih ini juga memiliki harga yang bervariasi di pasar, namun bagi petani kopra di mentawai hanya tinggal memilih di lakukan dalam pengolahan secara pengasapan bisa juga jadi kopra putih.

Peninjauan dan edukasi kepada petani Kopra ini, semoga hasil pertanian di wilayah koramil 04/Sikakap terus berkembang, sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan potensi alam yang ada.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »