PILIHAN REDAKSI

Jum'at Curhat, Kapolres 50 Kota Berikan Himbauan dan Bantuan Kepada Pengurus Masjid

INFO|50 Kota - Kapolres 50 Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf, S.H., S.I.K., M.H., didampingi pejabat utama Polres 50 Kota melaksanakan kegiat...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Inovasi Babinsa Sikakap Berbagi Ilmu Dalam Pengolahan Buah Pinang Kepada Petani


INFO|SIKAKAPSebagai salah satu fungsi dan tugas Babinsa memberikan edukasi kepada masyarakat agar ilmu yang diserap dapat di aplikasikan di lingkungan keluarga.


Salah satu bentuk edukasi yang di berikan babinsa itu berbagi ilmu pengetahuan kepada warga sikakap cara pengolahan buah pinang agar memiliki harga jual yang tinggi.

“Inovasi yang di lakukan Babinsa ini agar pengolahan buah pinang memberikan hasil nilai jual memuaskan” kata Danramil 04/Sikakap, Kapten.Inf.Putra Irawan Damanik, Jumat (3/12/2021).

Cara pengolahan buah pinang yang baik, agar memiliki nilai jual tinggi ada beberapa poin yang harus di perhatikan yaitu.

Saat melakukan panen, kita harus cari buah pinang yang sudah tua, kalau buah pinang muda yang di panen akan mengurangi nilai jual.

Kemudian kita lakukan penjemuran di bawah terik matahari sampai benar-benar kering dalam keadaan terbelah, terakhir buah pinang ini di gunakan untuk salah satu bahan baku Textil seperti membatik, ujarnya.

Pemberian edukasi ini, kata Danramil setidaknya petani di wilayah kecamatan sikakap dapat mengaplikasikan ilmu yang di berikan dalam pengolahan buah pinang yang baik.

Selain itu, berbagi ilmu pengetahuan ini juga sebagai peningkatan ekonomi masyarakat ketika pengolahan buah pinang itu bagus dan memiliki nilai jual yang tinggi, ujarnya.

“Semoga inovasi yang di lakukan Babinsa kepada warga binaannya ini memberikan dampak peningkatan ekonomi kepada masyarakat” harapnya.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »