PILIHAN REDAKSI

Komplotan Oknum Koruptor di PWI Segera Dilaporkan ke APH, Wilson Lalengke Minta Hendry dan Sayid Dicekal

  INFONUSANTARA.NET , Jakarta – Sejumlah pihak yang konsen dengan pemberantasan tindak pidana korupsi berencana segera melaporkan para oknum...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Gerhana Matahari Total 4 Desember 2021 Tidak Dapat di Amati di Indonesia

 

Fhoto gerhana matahari total


INFO|JAKARTA - Gerhana Matahari 2021 pada 4 Desember besok akan menjadi gerhana matahari terakhir di tahun ini. Gerhana Matahari terjadi ketika cahaya matahari terhalang oleh bulan yang menyebabkan tidak seluruh sinarnya dapat sampai ke bumi.


Sayangnya, tidak semua wilayah di bumi dapat mengamati fenomena gerhana matahari yang akan terjadi pada Sabtu (4/12/2021) itu. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, simak serba-serbinya berikut.


Gerhana Matahari yang akan terjadi besok berupa gerhana matahari total. Dilansir dari situs resmi NASA, gerhana matahari total 4 Desember 2021 hanya terjadi di Antartika dan perairan sekitarnya.


Gerhana matahari total terjadi ketika matahari, bulan dan bumi berada dalam satu garis lurus. Wilayah yang berada di pusat bayangan bulan ketika mengenai bumi akan mengalami gerhana matahari total. Ketika fenomena itu berlangsung maka langit akan menjadi sangat gelap seperti saat dini hari atau senja. Jika cuaca mendukung, korona matahari dapat dilihat oleh orang-orang yang berada di jalur gerhana matahari total.


Tidak seluruh bagian bumi dapat menikmati fenomena gerhana matahari total. NASA menyebut gerhana matahari di beberapa bagian selatan bumi dapat mengalami gerhana matahari total atau sebagian. Dilansir dari situs NASA, beberapa tempat yang mengalami gerhana matahari sebagian yaitu: Sebagian Saint Helena, Namibia, Lesotho,Afrika Selatan,

Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich, Kepulauan Crozet, Kepulauan Falkland, Chili, Selandia Baru dan Australia


Di lokasi-lokasi tersebut gerhana akan terjadi sebelum, selama dan setelah matahari terbit atau terbenam. Berikut rincian waktu gerhana matahari sebagian:


1.Dimulai pukul 02:00 EST (07:00 GMT).


2.Titik terbesar gerhana matahari total pukul 02:33 EST (07:33 GMT).


3.Gerhana sebagian berakhir pukul 03:06 EST (08:06 GMT).


Gerhana Matahari 2021: Tidak Dapat Diamati dari Indonesia.


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gerhana matahari terakhir yang terjadi di tahun 2021 tidak dapat diamati dari Indonesia. Dilansir dari situs resmi BMKG, hanya dua dari empat gerhana tahun 2021 yang dapat diamati dari Indonesia. Berikut rinciannya:


Gerhana Bulan Total pada 26 Mei 2021 - Dapat diamati dari Indonesia

Gerhana Matahari Cincin pada 10 Juni 2021 - Tidak dapat diamati dari Indonesia

Gerhana Bulan Sebagian pada 19 November 2021 - Dapat diamati dari Indonesia

Gerhana Matahari Sebagian pada 4 Desember 2021 - Tidak dapat diamati dari Indonesia.


Walau tidak terjadi di seluruh bagian bumi, masyarakat tidak perlu khawatir. Jika cuaca memungkinkan, NASA rencananya akan menyediakan siaran langsung fenomena gerhana matahari total yang diambil di Union Glacier, Antartika. Bagi yang ingin melihat fenomena tersebut dapat mengakses siaran yang ditayangkan di dua tempat yaitu:


1.Akun YouTubube NASA.


2. Laman nasa.gov/live


NASA telah mengeluarkan rincian waktu siaran fenomena gerhana matahari total yaitu:


1.Pukul 01:30 EST (06:30 GMT) = Siaran langsung dimulai.


2. Pukul 02:44 EST (07:44 GMT) = Gerhana matahari total.


3.Pukul 03:37 EST (08:37 GMT) = Siaran langsung berakhir.


Gerhana Matahari 2021: Gerhana Matahari Total Selanjutnya


Dilansir dari laman resmi Space, Gerhana Matahari total diperkirakan akan terjadi pada 20 April 2023 mendatang. Itu artinya kita perlu menunggu sekitar 18 bulan untuk menikmati fenomena gerhana matahari total selanjutnya. Fenomena tersebut nantinya akan melewati wilayah Asia bagian selatan dan timur, (**).


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »