PILIHAN REDAKSI

Pilkada 2024,KPU Sijunjung Buka Seleksi Calon Anggota PPS

    INFONUSANTARA.NET,Sijunjung -- Menghadapi Pilkada 2024, KPU Kabupaten Sijunjung mulai membuka seleksi calon anggota Panitia Pemungutan ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Tak Hanya Menambah Wawasan Kebencanaan, Bimtek HC Jitu Pasna BPBD Sumbar Menambah Silaturahmi

 

Suryadi Eviontri Kepala Bidang Rehabilitasi dan Kontruksi BPBD Sumbar usai acara penutupan kegiatan Bimtek angkatan VI bincang santai bersama rekan media.
INFONUSANTARA.NET -- Dilibatkannya para jurnalis media serta BPBD kabupaten/ kota, aparatur nagari/ desa atau kelurahan, relawan penanggulangan bencana sebagai peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Hitung Cepat (HC) Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) 2021 yang digelar Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat, tentu memiliki arti tersendiri.

Tak hanya memberikan wawasan dalam kebencanaan.Pada Bimtek ini, kita dimbing agar mampu membuat dokumen pengkajian kebutuhan pasca kebencanaan, mulai dari pengumpulan data hingga penyusunan dokumen, namun dari sisi lainnya dalam kegiatan ini dapat menjalin komunikasi dan silaturahmi lebih baik lagi.

Seperti halnya hubungan komunikasi yang baik antara rekan -rekan jurnalis bersama Suryadi Eviontri, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Kontruksi BPBD Sumbar ini. Terlihat komunikasi dan rasa kebersamaan yang kental dengan rekan -rekan media yang menjadi peserta Bimtek HC Jitu Pasna BPBD Sumbar ini.


Diskusi ringan juga terjadi antara sesama rekan media.Para peserta mendiskusikan materi yang diberikan para instruktur handal yang didatangkan Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat.

Baim salah seorang wartawan yang menjadi peserta dalam Bimtek HC Jitu Pasna BPBD Sumbar ini menyebut kegiatan ini harus terus sama - sama kita suport dan dorong karena mengingat bahwa kondisi geografis Sumatera Barat yang rawan bencana. Sumbar sebagai salah satu ‘supermarket’ bencana di Indonesia. Berbagai jenis bencana dari laut hingga daratan seperti gempa dan tsunami, banjir, tanah longsor hingga kebakaran hutan rentan terjadi di daerah ini.

Selain itu sebut Baim, kegiatan ini dapat menjalin komunikasi dan  silaturahmi. Dimana sebelumnya seperti sesama rekan media, begitu juga dengan pejabat terkait atau panita dengan peserta lainnya, yang dulunya belum begitu kenal, akhirnya menjadi lebih kenal dalam kegiatan lain.

"Suatu kehormatan tersendiri bagi kami dari media yang mendapat kesempatan dari pihak BPBD Sumbar untuk diikutsertakan dalam kegiatan ini, "kata Baim yang diamini Feri Kalex, salah seorang jurnalis yang kerap bergelut dengan data investigasi, termasuk anggaran kebencanaan,juga Zamri Yahya dari BentengSumbar.com, serta beberapa jurnalis lainnya saat bincang bincang santai bersama Suryadi Eviontri Kepala Bidang Rehabilitasi dan Kontruksi BPBD Sumbar ini usai acara penutupan kegiatan Bimtek. 

"Kedepan kegiatan ini dapat ditingkatkan lagi dengan menambahkan peserta lebih banyak lagi dari kabupaten/kota lainnya serta elemen masyarakat lainnya," sebut Baim yang juga Pimpinan media online infonusantara.net ini.

Mbah Dharmo pasilitator dari UMC Jogjakarta serahkan sertifikat kegiatan Bimtek HC Jitu Pasna BPBD Sumbar 2021 angkatan VI

Sementara Suryadi Eviontri juga menyampaikan bahwa Bimtek Jitu Pasna 2021 Angkatan VI ini terdiri dari 115 peserta, di antaranya BPBD kabupaten/ kota, aparatur nagari/ desa atau kelurahan, jurnalis hingga relawan penanggulangan bencana.

Lebih lanjut disampaikan bahwa untuk 2021 ini Bimtek HC Jitu Pasna BPBD Sumbar yang dilaksanakan di Padang dilaksanakan menjadi empat yakni peserta angkatan V, 20- 23 September di Kryat hotel, angkatan VI,21-24 September di Basko hotel, angkatan VII, 22 - 25 September di Imelda hotel dan angkatan VIII, di Kryat hotel. "Sebenarnya direncanakan sampai angkatan I, namun ada sesuatu hal kita hanya melaksanakan hingga angkatan VIII untuk 2021 ini,"terang Suryadi Eviontri.

"Alhamdulillah, kegiatan Bimtek HC Jitu Pasna BPBD Sumbar ini berjalan lancar hingga tahun ini dan juga dalam kegiatan ini pesertanya bertambah lebih banyak lagi dari sebelumnya," ungkapnya.(Inf)


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »