PILIHAN REDAKSI

Buron Sejak 2023, Pelaku Curanmor di Payakumbuh Ditangkap di Agam

INFO|Payakumbuh - Tim Buser Sat Reskrim Polres Payakumbuh berhasil meringkus tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor di Payakumbuh, s...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Dua Anak Yang Selesaikan Wisuda Kubroh 30 Juz di Ponpes Temboro Terima Bantuan Dana Pendidikan Dari Baznas Mentawai

INFONUSANTARA.NETBadan Amil Zakat Nasional (Baznas) merupakan lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.

Program kegiatan Baznas selaras dengan program pembangunan pemerintah guna membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam hal ini, untuk membantu pelajar dan mahasiswa yang akan menyelesaikan wisuda kubroh 30 juz di pondok pesantren temboro, Baznas Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) berikan bantuan dana pendidikan kepada dua orang anak.

Sekretaris Baznas Mentawai, Bayu Pringadi menyebut, kedua anak ini merupakan warga asal mentawai yang tinggal di desa Sido Makmur, Kecamatan Sipora Utara.

“Kedua anak ini di berikan bantuan dana pendidikan masing-masing untuk pelajar Rp.1.5 juta dan Mahasiswa Rp. 2 juta” kata Bayu kepada media, Senin (27/9/2021).

Bantuan dana pendidikan yang di berikan Baznas mentawai ini, kata Bayu guna meringankan beban mereka yang akan menyelesaikan wisuda kubroh di pondok pesantren temboro.

“Kita berharap bantuan dana pendidikan ini dapat di manfaatkan sebaik mungkin sebagai bentuk kepedulian terhadap pelajar dan mahasiswa mentawai” ucapnya.

Selain itu dia juga mengajak kepada seluruh UPZ di OPD Pemda Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk menyalurkan zakatnya ke baznas Mentawai dan zakat ini nantinya guna membantu masyarakat baik di bidang pendidikan maupun peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat

“Karena zakat yang di kumpulkan ini akan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan khususnya warga kepulauan mentawai” tuturnya.

Dikatakan, selama ini yang baru menyetor zakatnya ke baznas hanya ada beberapa OPD seperti Dinas Lingkungan Hidup, BPBD Mentawai, Sekda Pemkab Mentawai dan PMDPPKB Mentawai.

Sementara terkait zakat ini, menurut Bayu seluruh OPD sudah di SK kan UPZ nya (Unit Pengelola Zakat), bahkan sudah di ketahui langsung Sekdakab Mentawai dan Asisten I, akan tetapi hanya segelintir OPD yang menyetor zakatnya.

Lebih lanjut Bayu menjelaskan, bantuan dana pendidikan untuk pelajar dan mahasiswa yang disalurkan oleh Baznas ini merupakan program kegiatan mendukung peningkatan dan pemerataan pendidikan bagi pelajar dari keluarga yang kurang mampu.

“Kami mendorong agar anak-anak dari keluarga kurang mampu juga harus mengikuti pendidikan formal, masalah biaya pendidikan dapat dicarikan solusi dari berbagai sumber,” katanya mengakhiri.

Sekedar di ketahui, bahwa pada bulan oktober 2021 ini, Baznas mentawai juga akan menyalurkan bantuan beasiswa dan peningkatan ekonomi di wilayah kepulauan mentawai.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »