PILIHAN REDAKSI

Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Panwaslu Kecamatan 50 Kota

  Panwaslu50kota

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Ruas Jalan Usaha Tani Jorong Pisang Sitiung Amblas ke Aliran Sungai Batang Hari

Wakil Ketua DPRD Dharmasraya Tinjau Ruas Jalan Usaha Tani Jorong Pisang Sitiung yang Amblas ke Aliran Sungai Batang Hari

INFONUSANTARA.NET - Ruas Jalan Usaha Tani sepanjang lebih kurang 15 meter, di Jorong Pisang Rebus, Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, ambruk (amblas) ke aliran Sungai Batang Hari 

Dengan kondisi tersebut Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dharmasraya, Ir. H. Adi Gunawan,bersama tokoh masyarakat setempat melihat secara langsung kondisi, Ruas Jalan Usaha Tani sepanjang lebih kurang 15 meter yang ambruk (amblas) tersebut pada hari Jumat (18/06/2021).

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dharmasraya, Ir. H. Adi Gunawan,yang juga Ketua DPD Golkar Kabupaten Dharmasraya yang di temui awak media mengatakan,kami cukup prihatin dengan kondisi ruas Jalan Usaha Tani sepanjang lebih kurang 15 meter, di Jorong Pisang Rebus, Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, ambruk (amblas) ke aliran Sungai Batang Hari.

Jalan ini merupakan alternatif penghubung dari Jorong Sungai Lansek, Nagari Siguntur menuju Jorong Pisang Rebus, Nagari Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. 

"Kami akan menyapaikan dan mendorong pihak Balai BWS wilayah V Sumatera Barat, untuk segera melakukan perbaikan Jalan Usaha Tani (JUT) di Jorong Pisang Rebus Nagari Sitiung Kecamatan Sitiung, yang runtuh ini," ujarnya.

"Ditambahakan, hal itu perlu segera dilakukan mengingat, jalan tersebut merupakan jantung perekonomian masyarakat setempat."Nanti kami juga akan coba hubungi pihak PUPR Dharmasraya, untuk segera mengambil langkah selanjut untuk yang terbaik bagi masyarakat di sini ," katanya.

Wakil Ketua DPRD Dharmasraya Dapil Dua ini mengungkapkan, kunjungan tersebut sebagai respon langsung dari kondisi yang dihadapi masyarakat. 

"Penanganan abrasi sungai ini harus dilakukan secara berkelanjutan.Yang terkena abrasi akibat derasnya Sungai Batang Hari beberapa hari terakhir sehingga nantinya bisa direncanakan penanganannya," sebutnya.

Ancaman abrasi Sungai Batang Hari lanjutnya, tidak saja dihadapi oleh masyarakat Jorong Pisang Rebus saja. Setidaknya ada dua Jorong lagi yang juga bergantung pada jalan tersebut.Tentunya ini harus menjadi perhatian serius ke depan, sebab fenomena alam tidak bisa ditebak.

Jangan sampai kondisi ini menimbulkan kerugian lebih besar lagi kepada masyarakat.

"Selain meninjau lokasi jalan yang runtuh, Wakil Ketua DPRD Dharmasraya itu juga memberikan dana aspirasinya pada masyarakat untuk pembangunan di Jorong tersebut sebesar Rp.100 juta.Pergunakanlah dana itu nantinya untuk pembangunan yang berguna bagi masyarakat banyak,"ucap  Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dharmasraya, Ir. H. Adi Gunawan itu.

Sementara itu salah seorang warga Jorong Pisang Rebus Ponidi (40 tahun).  mengatakan, kita berharap kepada Wakil Ketua DPRD Dharmasraya, Adi Gunawan ini, untuk tetap mengawal percepatan pembangunan itu. Jalan Usaha Tani (JUT) di Jorong Pisang Rebus Nagari Sitiung Kecamatan Sitiung, yang runtuh ini.

"Semoga kedepannya Jalan Usaha Tani (JUT) di Jorong Pisang Rebus Nagari Sitiung Kecamatan Sitiung bisa beraktivitas lagi,"ucap warga Jorong Pisang Rebus Ponidi Tersebut.(*MsX)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »